Selamat, Kuin Utara 75 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

1

Susur Sungai Kuin, Napas Tilas perjalanan wisata religi di Kampung Kuin Utara, yang memberikan kesan mendalam bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto-Dok Biro Komunikasi Kemenparekraf).

 

Mennparekraf : Pemantik Untuk Pengembangan Desa Wisata Penyerap Tenaga Kerja

Banjarmasin– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan tim menetapkan Desa Wisata Kuin Utara di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2023.

Penetapan ini diharapkan dapat menjadi pemantik bagi Desa Wisata Kuin Utara untuk memanfaatkan potensi sekaligus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Status ini pula dapat menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

“Setelah saya keliling tadi, ada dua potensi utama di Desa Wisata Kuin Utara yakni makam (Sultan Suriansyah) dan Masjid Sultan Suriansyah,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, saat mengunjungi Kampung Wisata Kuin Utara, Banjarmasin, Kamis sore (03/08/2023).

 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi makam Sultan Suriansyah yang merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di Desa Wisata Kuin Utara, Banjarmasin, (08/03/2023).

Sandiaga Uno optimis, dua destinasi tersebut akan menjadi destinasi wisata yang membuka banyak peluang usaha dan menyerap tenaga kerja.Bahkan di tangan dingin anggota Pokdarwis Desa Wisata Kuin Utara, yang diketuai Samsul, mendorong salah satu lapangan kerja yang luas dan menyerap 4,4 juta tenaga kerja yang tercipta secara nasional di tahun 2024.

“Dua destinasi ini menjadi satu kesatuan yang kalau kita kelola dengan baik akan menjadi destinasi wisata yang membuka banyak peluang usaha dan menyerap tenaga kerja,” ujar Sandiaga.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Desa Wisata Kuin Utara juga memiliki daya tarik lain. Keunikannya diantarannya adalah wisata susur Sungai Kuin, yang merupakan sungai kecil yang terdapat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, namun menyimpan sarat sejarah.

Hal ini dia rasakan pula saat napak tilas menyusuri sungai Kuin, dari Dermaga Makam Sultan Suriansyah menuju Masjid tertua di Banjarmasin, Masjid Sultan Suriansyah.Didamping Walikota Banjarmasin,Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor, Menparekraf menikmati sekali perjalanan menggunakan kelotok wisata khas Banjar.

Menyusuri kampung bersejarah dan merupakan kampung tertua di Banjarmasin, menjadi cikal bakal berdirinya kota Banjarmasin, menurutnya suatu perjalanan penuh historis. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi lebih jauh kota Banjarmasin, yang usianya lebih tua satu tahun dibandingkan Jakarta.

 

Menparekraf menggunakan Topi khas Banjar yang populer dengan sebutan Tanggui, saat susur Sungai Kuin. (Foto-Dok Biro Komunikasi Kemenparekraf).

Sandiaga Uno juga sangat terkesan dengan naik kelotok wisata bernama Kapal Banjarmasin Bungas. Kelotok yang mampu membawa penumpang maksimal 25 orang, mengantar wisatawan merasakan sensasi alami sebuah heritege sungai di Banjarmasin. Apalagi bisa bertemu dan berinterasik dengan Acil (pedagang) Pasar Terapung yang melegenda dan mendunia.

“Harapanya keberhasilan Desa Wisata Kuin Utara yang masuk dalam 75 besar ADWI 2023 akan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat.Seperti halnya Desa Wisata Kubah Basirih yang setelah masuk dalam 50 besar ADWI 2022 mengalami peningkatan kunjungan wisatawan hingga mencapai 50 persen,” harapnya.

Sementara itu Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi dan berterimakasih dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ke Banjarmasin untuk yang kesekian kalinya.

“Kami sangat berterima kasih dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno. Terima kasih pula atas dukungan berbagai program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di Banjarmasin. Harapannya juga  ADWI akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat”Atas nama pemerintah kota kami menyampaikan terima kasih dan ini menunjukkan perhatian besar yang tidak henti-hentinya untuk dunia pariwisata,” ujar Ibnu Sina saat memberikan keterangan resmi bersama Menparekraf Sandiaga Uno kepada awak media, di halaman Masjid Sultan Suriansyah, Kuin Utara, Banjarmasin. (Olpah Sari- Muhammad Irfani).

1 thought on “Selamat, Kuin Utara 75 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

  1. Alhamdulillah, km.penduduk asli kuin sangat bersyukur sekali, smg di thn yad, peringkatnya lbh naik lg, tp sayg sekali, ada wrg yg tinggal dipesisir sptnya membuang sampah di sungai ini, krn klu sy melihat sungainya tiap hr ada saja sampah2 yg berlalulalang, kadang kompoi..he..he..he..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!