Bupati Sukamta Ingin Sekolah Penerbang Hadir Di Maluka Baulin

0

Tanah Laut – Bupati Tanah Laut H.Sukamta, berharap kawasan Maluka Baulin, Kabupaten Tanah Laut, didirikan Sekolah Penerbangan. Keinginan tersebut selaras dengan keberadaan Air Weapon Range (AWR) Dwi Harmono Maluka Baulin, Kabupaten Tanah Laut.
Tak hanya berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat seperti bercocok tanam dan pengembangan sektor peternakan, keberadaan lahan di sekitar AWR Dwi Harmono ini dinilai ke depannya sangat bagus untuk dibangun pusat pendidikan calon pilot atau penerbang.

“Kami  sangat mendukung sekali, lahan yang berdekatan dengan aset TNI AU di sini bisa terus dikembangkan untuk berbagai bidang pembangunan. Misalnya dibuka Sekolah Penerbangan untuk peningkatan SDM masyarakat Tanah Laut,” ungkap Bupati Tanah Laut Sukamta, saat menghadiri penghargaan dari Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, kepada tim aset Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin yang berhasil mensertifikatkan lahan seluas 996 hektar di Air Weapon Range (AWR) Dwi Harmono Maluka Baulin, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (13/10/2021).

 

Harapan Sukamta sendiri dengan hadirnya sekolah penerbangan Tanah Laut seperti di Curug dan Banyuwangi, akan lahir putera-puteri terbaik Tanah Laut dan Kalimantan Selatan di bidang penerbangan. Karena saat ini kebutuhan SDM di penerbangan cukup tinggi termasuk yang berkarir di TNI Angkatan Udara.

“Walaupun pembangunan bandara baru tidak disini, namun kami berharap disini akan lahir SDM penerbang-penerbang seandainya dibangun Sekolah Penerbang. Apalagi di kawasan Maluka Baulin ini ada Air Weapon Range (AWR) Dwi Harmono, yang tentunya bagus dikembangkan ke depannya,” ujarnya.

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo menyambut baik usulan kepala daerah yang ingin membangun sekolah penerbang di Tanah Laut. Pihaknya sendiri akan membicarakan lebih jauh dengan pemangku kepentingan lainnya, dengan usulan Bupati Tanah Laut yang menyelaraskan keberaan aset milik TNI AU di kawasan Maluka Baulin.

“Tadi kami berbincang dengan Pak Bupati, tentu ini usulan yang sangat menarik. Ini akan kami laporkan ke pimpinan dan kami evaluasi peluang apa saja yang bisa dikembangkan, termasuk masukan baik dari Bapak Bupati,” kata Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, kepada wartawan, (Rabu 13/10/2021).

 

 

Pangkoopsau II juga menyebutkan rencana pemerintah membangun Ibukota Negara di Kalimantan Timur, pihaknya akan mengembangkan aset-aset yang ada untuk mendukung program pemerintah tersebut.

“Harapan kita bersama tidak hanya aspek pertahanan, namun juga aspek masyarakat sekitar juga dirasakan,” sebut Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo.

Pada kesempatan tersebut Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo memberikan apresiasi khusus kepada Bupati Tanah Laut Sukamta dan Kepala Kantor Pertanahan Tanah Laut Ahmad Suhaimi atas kontribusi dan kerja samanya bersinergi dengan Lanud Sjamsudin Noor, dalam upaya pensertifikatan aset negara Air Weapon Range (AWR) Dwi Harmono, di Maluka Baulin, Kabupaten Tanah Laut. (Olpah Sari Risanta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!