Bank Kalsel Kenalkan Goa Lowo di ASEAN Rural Culture Expo

0

 

Jogjakarta– Kalimantan Selatan benar-benar serius mengembangkan pariwisata berkelanjutan. Seluruh potensi destinasi wisata terus dikenakan secara luas baik melalui Travel Mart, pameran hingga Famtrip ke penjuru nusantara dan mancanegara.

Tak hanya pemerintah dan swasta saja, upaya mengenalkan pariwisata di Banua juga di lakukan kalangan perbankan. Salah satunya adalah Bank Kalsel. Bank kebanggaan Banua ini pun turut berperan mempromosikan destinasi-destinasi wisata Kalsel. Tidak main-main, kali ini yang ditonjolkan adalah Goa Lowo, Kotabaru.

Baru-baru ini destinasi yang dikelola swadaya masyarakat melalui Bumdes di Desa Tegalrejo, Kelumpang Hilir Kotabaru, dibawa dalam pameran ASEAN Culture Expo,di Jogjakarta, di kawasan Tebing Breksi. Kehadiran Goa Lowo, yang cukup fenomenal di Kalsel dan nasional ini, mampu menarik perhatian pengunjung pameran, yang bertepatan dengan kegiatan acara The 1st ASEAN Village Network dan Back to Back Meeting Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE) di Hotel Sheraton, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (25/7/2023).

 

Kepala Divisi Dana dan Digital Banking Bank Kalsel, Suriadi bersama Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, Muhammad Agus .

 

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin melalui Kepala Divisi Dana dan Digital Banking, Suriadi, mengungkapkan potensi pariwisata Kalsel terbilang menjanjikan.Seperti halnya Goa Lowo, yang dikembangkan secara apik dengan konsep sustanable (berkelanjutan) dan mengangkat ciri khas pedesaaan.

“Bank Kalsel sangat mengapresiasi Goa Lowo yang dikelola secara mandiri namun tersistem dan memberdayakan masyarakat.Ini menjadi contoh baik bagaimana destinasi ini dikelola Sadar Wisata (Pokdarwis) Cipta Pesona melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) bersama Pokdawis, sangat bagus mengubah hutan menjadi rest area bersantai yang dibalut suasana keasrian alam sekitar.kami mengapresiasi sekali,” terang Suriadi, kepada Economic Travelling.Com, Rabu (26/05/2023), di Jogjakarta.

Dalam pameran berskala internasional, Bank Kalsel sendiri mendorong destinasi Goa Lowo menjadi kawasan destinasi berbasis alam dan pedesaan yang membumi. Hal ini terlihat dari antusias pengunjung yang memadati stan pameran yang dikelola langsung DPMD Provinsi Kalsel dan Bank Kalsel. Mereka pun mengagumi keindahan yang Goa Lowo yang sekarang menjadi salah satu andalan pariwisata Kotabaru dan Kalsel.

“Kami melihat tayangan videonya di Youtube dan media sosial lainnya, ternyata sangat menarik sekali. Kemarin teman saya Jurnalis Transmedia, Bang Risanta, mengajak mengunjungi langsung destinasi ini.Mudah-mudahan Agustus ini bisa berkunjung ke Kotabaru,” ujar Iki Putri, salah satu penggiat pariwisata asal Jakarta.

Goa Lowo sendiri adalah satu diantara puluhan destinasi wisata yang dimiliki Kotabaru.Lokasinya sendiri sangat dekat dengan Serongga, Kotabaru.Uniknya lokasinya pun lokasi wisata berjarak sekitar 1 kilometer dari ruas jalan nasional. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version