Ekonomi  Banjarmasin Diprediksikan Tumbuh Membaik

0

 

Banjarmasin – Meskipun sempat tertatih-tatih akibat pandemi Covid-19, akhirnya pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin mengalami peningkatan cukup signifikan.Hal ini tergambar dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin, yang menyebutkan ekonominya tumbuh bagus.

“Pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin sebesar 5.69% dan mengalami kenaikan, dibanding dengan tahun 2021 dimana pertumbuhan ekonomi tahun 2021 sebesar 3.41%,” Ungkap Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman disela-sela Rapat Paripurna KUA PPAS di Ruang Paripurna DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (12/07/2023).

Hal ini selaras pula dengan data Lembaga Kajian Ekonomi dan Pembangunan Daerah (LKEPD) Universitas Lambung Mangkurat yang ditulis Hidayatullah Muttaqin. Dalam Laporan yang dilansir lembaga tersebut, ternyata pertumbuhan Ekonomi tahunan Kota Banjarmasin berada pada level 6%. Wabah virus Corona menyebabkan perekonomian terkontraksi sedalam -1,89% pada tahun 2020.

 

Satu tahun sejak pandemi Covid-19, sebagaimana wilayah lainnya di Indonesia perekonomian Kota Banjarmasin tumbuh positif. Hanya saja realisasi pertumbuhan tahun 2021 tersebut masih di bawah target RPJMD 4,80%. Capaian Pertumbuhan Ekonomi pada tahun tersebut berada pada level 3,41% sehingga terjadi selisih sebesar 1,39% dari target RPJMD

Potensi perekonomian yang lebih baik tahun 2022 ini didasarkan pada mulai pulihnya kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat seiring dengan pandemi Covid-19 yang lebih terkendali dan vaksinasi yang lebih luas. Secara teknis perbaikan situasi tersebut direfleksikan oleh membaiknya perekonomian Kalimantan Selatan dan tingkat nasional selama dua triwulan pertama 2022.

Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Selatan pada triwulan pertama year on year (YoY) sebesar 3,51% dan triwulan kedua 5,81% sedangkan tingkat nasional masing-masing 5,01% dan 5,44%. Perkembangan dua triwulan 2022 tersebut lebih baik dibandingkan periode yang sama untuk tahun 2021.

Ikhsan berharap pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin tahun 2023-2024 akan membaik dibanding tahun 2022 lalu, Bahkan ia menargetkan pertumbuhan ekonomi kota Banjarmasin kedepannya berkisar pada angka 4,00%-5,75%.

“Pemulihan ekonomi diperkirakan terjadi setelah berlalunya pandemi covid-19 serta diperkuat dengan berlanjutnya pembangunan beberapa infrastruktur,” katanya mengakhiri keterangan resminya.(Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version