Malaysia Ramaikan South Kalimantan Travel Mart 2023

0

Menjelajahi keunikan sungai dan serunya perjalanan menyusuri anak sungai (Saka) yang masih asri dan menengok suasana kampung alami.

 

South Kalimantan Travel Mart 2023 atau SUKA 2.0 kembali digelar di Kalsel. Kali ini event akbar mempertemukan Buyer (Travel Agent) dan Seller (Penggiat-Pengelola Pariwisata) bakal diramaikan peserta dari negeri jiran Malaysia.

Mereka akan bertemu khusus dalam sesi Table Top dan Famtrip yang berlangsung 16 Juli hingga 19 Juli 2023. Kabar kedatangan tim Seller sekaligus agen promosi pariwisata Kalsel di Malaysia dibenarkan Ketua Panitia SUKA TM 2.0, Teguh Winarto.

Teguh mengatakan keikutsertaan peserta Malaysia dan berbagai kota besar di Indonesia adalah memasarkan pariwisata Kalsel sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di daratan Kalimantan. Hal ini juga  untuk pasar wisata luar negeri.

“Melalui kegiatan ini ada segmentasi pasar luar negeri khususnya Malaysia.Karena melalui mereka ini pula bisa mendatangkan wisatawan negeri jiran Malaysia, selain upaya tim promosi wisata lainnya. Keberadaan mereka tak hanya meramaikan saja namun juga ada misi khusus kita menarik minat wisatawan Malaysia ke Kalsel,” kata Teguh Winarto, di sela-sela kegiatan survey akhir ke Desa Wisata Kanoko, Batola, Senin (10/07/2023).

Teguh juga optimis keikutsertaan beberapa delegasi Malaysia memberikan semangat baru bagi penggiat pariwisata di Banua. Karena melalui kegiatan besar seperti bisa saja kerjasama lintas sektoral bisa dilakukan. Apalagi ke depan Kalsel terus mengembangkan pariwisata berkualitas termasuk memadukan destinasi-destinasi alami dengan destinasi buatan, dan mengandeng pelaku UMKM.

“Semoga saja melalui event ini ada deal-deal kerjasama dalam mendatangkan lebih besar lagi wisatawan dari Malaysia maupun wisatawan nusantara lainnya.Harapannya event ini bukan sebagai rutinitas agenda namun ia mampu menjadi pendorong spirit lagi kebangkitan pariwisata kita di daerah,” ujar Teguh.

 

Tim Panitia SUKA TM 2.0 bersama Kepala Desa Anjir Serapat Muara dan masyarakat di kawasan Wisata Muara Kanoko, Batola.

Tak hanya kawasan wisata Sungai Curiak, dalam SUKA TM 2.0 nanti juga menurut Teguh peserta akan diajak menjelajahi kawasan Desa Wisata Muara Kanoko, Barito Kuala. Tak hanya mengenal habitat Bekantan saja, mereka juga mengenalkan trip baru menjelajah Saka (Sungai Kecil) Ipil yang berada di kawasan Sungai Kanoko.

“Yang berbeda adalah peserta bisa merasakan serunya naik kelotok (perahu bermotor atau yang dikenal dengan klotok ces.Menjelajahi sungai-sungai kecil persis seperti merasakan berpetualang di Sungai Mekong saja,” ucap Lukman Kalua, salah satu Tim Wisata Muara Kanoko, yang mendukung penuh South Kalimantan Travel Mart 2023.

Sebagai bentuk dukungan puluhan kelotok juga tengah disiapkan, untuk mengangkut peserta jelajah sungai atau Saka di kawasan Wisata Muara Kanoko, Batola. Bahkan kedatangan peserta dalam Famtrip akan disambut khusus Pj Bupati Batola, H Mujiyat di kawasan yang memiliki delta kecil penuh dengan tanaman rambai.

“Insya Allah kami menyambut dengan tangan terbuka dan senang hati para utusan atau delegasi dari berbagai daerah termasuk Kuala Lumpur, Malaysia,” kata Lukman. (Olpah Sari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version