Kementan Supervisi Program Regenerasi Petani di Kalimantan Selatan

0

Tim Kementan dan IFAD melakukan kunjungan ke salah satu laboratoriun pertanian, dalam rangka Supervision Mission di Kalimantan Selatan. (Foto-Humas SMK PP Negeri Banjarbaru).

Banjarbaru – Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggaungkan program regenerasi petani dalam upaya melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian.

Upaya itu juga dilakukan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD). Kementerian Pertanian RI menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). Program ini pun sudah dijalankan di wilayah Kalimantan Selatan.

Guna mensukseskan program ini, tak kurang dari 55,3 juta dollar AS digelontorkan IFAD untuk program selama 6 tahun program berjalan (2019-2025).

Terkait itu pula Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan sektor pertanian selama ini selalu terjaga dengan baik. Kenaikan sektor pertanian dari triwulan ke triwulan bisa terus dipertahankan.

“Pertanian cukup terjaga dengan baik, di mana petani semangatnya terjaga baik, koordinasi sesuai perintah Presiden Joko Widodo hingga gubernur dan bupati juga berjalan baik dan memasuki musim tanam kedua (MT2) juga berjalan baik,” tegas Menteri Syahrul.

Menurutnya, ada dua hal yang membuat sektor pertanian terus bertumbuh positif. Pertama, optimalisasi budi daya atau produksi dengan menggunakan mekanisasi secara merata di semua daerah.

“Kedua, kita melakukan korporasi berskala besar, terutama di daerah penunjang ekspor seperti dalam mapping yang kita lakukan. Demikian juga dengan ekspor yang akan kita petakan secara baik,” sebutnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengungkapkan harapannya melalui program YESS akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumberdaya manusia dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.

Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi.

“Program YESS ini sangat mendukung dalam pengembangan sumberdaya manusia pertanian, dengan memberdayakan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumberdaya alam pertanian di pedesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan tentunya mereka ini akan siap menghadapi era milenial,” ujar Dedi.

 

Supervision Mission di Kalimantan Selatan, dihadiri pula Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) BPPSDMP, Idha Widi Arsanti. (Foto-Humas SMK PP Negeri Banjarbaru).

Sementara untuk memastikan program YESS berjalan dengan baik di Kalsel, Tim dari IFAD bersama dengan National Programme Management Unit (NPMU) melakukan Supervision Mission di Kalimantan Selatan, Sabtu (01/07/2023).

Dalam Supervision Mission di Kalimantan Selatan, dihadiri pulaKepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) BPPSDMP, Idha Widi Arsanti. Dia mengemukakan tujuan utama untuk vision Mission adalah mengevaluasi Progress YESS tidak hanya secara teknis namun juga secara administrasi.

“Hal ini telah di mulai dari hari Senin (26/6/2023) lalu di mulai di Jakarta dan sekarang Tim melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan untuk dilakukan evaluasi, dan menganalisis pelaksanaan Program YESS, diharapkan hasil evaluasi sesuai dengan target, pencapaian dan sesuai dengan harapan.” Kata Idha dalam sambutannya.

Pada kegiatan ini, tim melakukan supervisi terhadap stakeholder program YESS yang diantaranya meliputi Business Development Service Provider (BDSP), Fasilitator, Mobilizer dan Penerima Manfaat dari Programm YESS selama 3 hari berturut-turut di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

“Supervisi ini untuk mendapatkan umpan balik dari petani muda penerima manfaat di lapangan, terkait kendala yang dihadapi maupun perkembangan kegiatan mereka yang sudah difasilitasi oleh Program YESS,” jelas Angga, Project Manager Program YESS di Kalimantan Selatan.

“Harapannya, dari informasi yang diperoleh nanti dapat dijadikan dasar sebagai rekomendasi untuk pengembangan program YESS.” lanjut Angga.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diagendakan pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terkait kesiapan Kab. HSS sebagai wilayah baru Program YESS di Kalimantan Selatan.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!