10 Finalis Duta Baca Banjarmasin Dapat Ilmu Dari Para Ahli

0

 

Banjarmasin– Beruntunglah para Finalis Duta Baca Banjarmasin 2023, karena mendapat ilmu khusus dan spesial dari sejumlah ahli. Pembekalan sendiri diberikan dalam upaya menambah wawasan dan memperkuat kapasitas 10 Finalis yang akan berlaga dalam Lomba Duta Baca Banjarmasin 2023, pada hari Sabtu (10/06/2023) di Lantai 3 Menara Pandang, Taman Siring Tendean, Banjarmasin.

“Pembekalan ini diberikan untuk menambah wawasan para finalis dalam mengetahui dunia literasi dan pendidikan,” tutur Kepala Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banjarmasin, Drs M Ihsan El-Haque, MSi, saat membuka Acara Pembekalan 10 Finalis Duta Baca Banjarmasin 2023, di Lantai 3 Menara Pandang Banjarmasin, Kamis (08/06/2023).

Ihsan menjelaskan, dalam pembekalan tersebut, seluruh finalis diberikan beberapa materi oleh narasumber seperti Cici Asmawatiy SE MIP MM dan Dr Lukman Fadlun SH MH.Pembekalan sendiri meliputi  urgensi pendidikan, pentingnya etika duta baca, serta pentingnya literasi di era disrupsi, termasuk pemahaman wawasan kebangsaan.

 

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banjarmasin, Drs M Ihsan El-Haque, MSi, tengah menyemangati para Finalis Duta Baca Kota Banjarmasin, sebelum acara pembekalan dari Tim Ahli dimulai.

Lebih jauh menurut pejabat yang dikenal dekat dengan kalangan media ini, pembekalan ini merupakan bagian dari persiapan menuju babak grand final yang akan dilaksanakan pada 10 Juni 2023 mendatang. Apalagi dalam menuju tangga terbaik sebagai Duta Baca Terbaik Kota Banjarmasin, selama itu diminta tampil dengan penampilan terbaiknya sebagai orang yang digadangkan menjadi refresentasi masyarakat kota Banjarmasin yang memiliki pengetahuan, keterampilan serta kemampuan berbicara dengan baik di forum-forum seminar maupun pertemuan di level nasional.

“Finalis bukan sekedar suka membaca dan menulis, namun juga bisa menjadi refresentatif orang Banjarmasin yang cerdas, berperilaku baik dan tanggap serta juru kampanye literasi yang bisa diandalkan, dalam mensukseskan peningkatan literasi dan pendidikan khususnya di Banjarmasin,” kata Ihsan sembari memberikan semangat kepada para Finalis Duta Baca.

Sementara itu, salah seorang Juri Cici Asmawatiy SE MIP MM menilai para finalis masing-masing memiliki potensi dalam bidang literasi. Dengan pembekalan yang diberikan diharapkan dapat mengoptimalkan potensi yang ada untuk mendukung literasi di Kota Banjarmasin.

“Potensi yang dimiliki perlu dikembangkan.Terutama bagaimana bisa berbicara di depan umum dengan baik, mampu memberikan penyajian presentasi terbaik. Karena Duta Baca adalah perpanjangan tangan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mengkampanyekan literasi, bukan sekedar Duta-dutaan semata. Tapi Duta Baca yang berkualitas dan memiliki power serta kharisma ketika terjun ke masyarakat,” ujar Cici yang hadir memberikan pembekalan.

Hal serupa juga diungkapkan Staf Ahli Wali Kota Banjarmasin/Kepala Badan Kesbangpol, Dr. H. Lukman Fadlun, S.H., M.H, yang menekankan pentingnya juga wawasan kebangsaan dipahami dan dimengerti oleh Duta Baca Banjarmasin kelak.

“Mengapa wawasan kebangsaan itu penting, Karena Untuk menjaga persatuan dan kesatuan keanekaragaman suku bangsa, ras, bahasa, agama dan adat istiadat, diperlukan pemahaman tentang wawasan nusantara. Visi nusantara adalah visi negara terhadap diri sendiri dan lingkungannya, dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan, serta keutuhan bangsa Indonesia,” kata Lukman Fadlun. (Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!