Cegah Abrasi Kawasan Pesisir, Bank Kalsel  Sumbang 3500 Bibit Mangrove Siap Tanam

0

3.500 Bibit Mangrove siap tanam diserahkan Plt. Direktur Utama Bank Kalsel,Facrudin kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hanifah Dwi Nirwana, ST., MT., di Pesisir Pantai Desa Sungai Bakau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut (5/6/2023).(Foto-Humas Bank Kalsel).

 

Tanah Laut – Demi membantu pemerintah dalam program mengurangi abrasi di kawasan pesisir, Bank Kalsel pun memberikan 3.500 bibit Mangrove untuk ditanam secara massal pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023.

Bantuan sendiri merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan yang didistribusikan Bank Kalsel lewat program Corporate Social Responsibility (CSR).Melalui bantuan ini pula diharapkan dapat mendorong kesadaran dan tindakan masyarakat untuk melindungi kelestarian lingkungan.

Hal ini selaras pula dengan program penanaman mangrove sesuai arahan Presiden Jokowi berguna untuk mempertahankan kestabilan bentang alam melalui salah satunya pengendalian abrasi laut dan mereduksi dampak dari bencana tsunami.

Berkurangnya luas daratan akibat abrasi diketahui menimbulkan berbagai macam kerusakan dan degradasi lingkungan, yang paling parah dapat menenggelamkan pulau-pulau kecil, demikian pula bencana tsunami yang dapat menimbulkan kerusakan besar dan merengut banyak korban jiwa.

Bantuan ini pun diserahkan secara simbolis Plt. Direktur Utama Bank Kalsel,Facrudin kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hanifah Dwi Nirwana, ST., MT., di Pesisir Pantai Desa Sungai Bakau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut (5/6/2023). Prosesi penyerahan bantuan bibit juga disaksikan Pgs. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Shah Rizky Kurniawan.

Hanifah Dwi Nirwana, ST., MT. selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bank Kalsel melalui program CSRnya.

“Atas nama Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel, kami berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Bank Kalsel melalui bantuan CSR Bank Kalsel berupa 3.500 bibit Mangrove yang dimana akan ditanam disepanjang pesisir pantai Desa Sungai Bakau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan ekosistem mangrove yang ada di Kalimantan Selatan. Tentunya Bank Kalsel yang merupakan mitra penting kami selalu mendukung dalam setiap program termasuk kegiatan hari ini,” kata Hanifah.

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin, menegaskan komitmen Bank Kalsel untuk senantiasa mendukung program-program dari Pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan salah, satunya kegiatan penanaman mangrove di kawasan pesisir.

“Bantuan yang telah diberikan pada hari ini merupakan bentuk kepedulian Bank Kalsel membangun lingkungan hidup khususnya di Kalimantan Selatan dan kami akan selalu hadir, melayani banua serta berkontribusi dalam pemulihan dan peningkatan ekosistem mangrove di Kalimantan Selatan khususnya di pesisir pantai,” ucap Fachrudin.

Sekedar diketahui, pemerintah terus mendorong perbaikan ekosistem mangrove secara parallel  yang dinilai akan memperkuat sosial ekonomi masyarakat. Selain itu hal ini mendorong pula pembangunan hijau melalu green economy.

Ekosistem mangrove memiliki multi manfaat, seperti menjadi lahan budidaya ikan, kepiting, udang melalui pola silvofishery, pengolahan produk mangrove non-kayu, serta wisata alam juga memperkuat pengembangan kawasan industry yang hijau (green industrial park).(Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version