Demi Pengembangan Pariwisata, HPI Siap Berkolaborasi Dengan Bank Kalsel

0

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Kalsel siap menjalin kerjasama dengan Bank Kalsel dalam mengembangkan kemajuan pariwisata Kalsel. (Foto-Dokumentasi HPI DPD Kalsel).

Banjarmasin – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Kalsel siap berkolaborasi dengan Bank Kalsel  dalam pengembangan pariwisata di Bumi Lambung Mangkurat.

Hal ini diungkapkan Ketua HPD Kalsel, Antonius Panggabean, dalam perbincangan santai dengan Tim Economic Travelling.Com, Rabu (31/05/2023).

Sebagai organisasinya para guide wisata, HPI sendiri sangat mendukung program-program Bank Kalsel, salah satunya dalam hal pembangunan infrastruktur pariwisata.Mengingat pengembangan sektor pariwisata merupakan sumber pertumbuhan perekonomian terbarukan dan peran BPD seperti Bank Kalsel ada didalamnya.

“Intinya adanya pembangunan  infrastruktur memberikan pengaruh signifikan bagi pertumbuhan industri pariwisata. Jika perkembangan ini selaras dan sejalan serta terealisasi pembangunnannya, akan memberikan dampak bagus juga bagi pelaku pariwisata, khususnya juga kawan-kawan Guide yang tergabung di HPI,” ungkap, Anton, panggilan akrab Ketua HPI DPD Kalsel.

Tentunya juga dalam menyiapkan SDM pada industri pariwisata, HPI butuh sokongan dan dukungan berbagai pihak, termasuk Bank Kalsel. Salah satu program prioritas mereka adalah memperbanyak kegiatan-kegiatan yang memperkaya pengetahuan dan wawasan para pramuwisata di Kalsel.

“Mengapa ini sangat penting, pertama Kalsel sudah menjadi pintu gerbang IKN yang sudah pasti akan banyak wisatawan yang datang dan butuh tenaga-tenaga pramuwisata berkualitas.Kedua industri pariwisata itu bergerak dinamis dan global, sehingga mau tidak mau kami di Banua harus memperkuat lagi kapasitas pramuwisata, kalau tidak kita akan kalah bersaing,” katanya.

Karena itulah menurut pria yang malang melintang menjadi tour guide dengan kemampuan bahasa Jerman dan Inggris ini, HPI akan menjalin kerjasama dengan Bank Kalsel terutama dalam hal peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk berbagai program yang bisa dikerjasamakan.

“Hal ini juga sebagai bagian amanah dari Rakerda I HPI DPD Kalsel tahun 2023, meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai  kalangan, terutama dalam pengembangan pariwisata secara luas, termasuk peningkatan kemampuan anggota dalam memanfaatkan kemajuan digitalisasi saat ini,” tambahnya.

Bahkan jika kerjasama terjalin baik, HPI sendiri mengusulkan beberapa pelaku pariwisata menjadi ambasador Bank Kalsel. Hal ini tentunya akan menjadi agenda penting HPI dalam bekerjasama membangun citra baik pariwisata Indonesia dan mendukung program perbankan terutama penggunaan QRIS di setiap destinasi wisata, pusat oleh-oleh maupun biro perjalana  wisata lainnya. (Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version