Bikin Haru, Warga Beternak Ayam Untuk Membangun Rumah Tahfidz Di Tapin

0

 

Demi ingin membangun Rumah Tahfidz Qur’an, seorang warga Desa Tatakan,Kabupaten Tapin, rela beternak ayam. Hasil ternak ayam ini akan ia gunakan untuk modal membangun rumah tempat mendidik anak-anak hafal Qur’an.Kandang ayam sendiri pun mereka sewa untuk mewujudkan pengumpulan dana bagi Rumah Tahfidz At-Taisir, yang tersendat pembangunannya karena dana yang terbatas.

Inilah yang dilakukan Maserani warga Jalan A Yani Km 98, Desa Tatakan RT 04, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin. Bersama sejumlah warga lainnya Maserani berjuang keras bagaimana mewujudkan impian masyarakat di desanya agar terbangun Rumah Tahfidz. Karena animo anak-anak belajar mengaji dan menghafal Quran cukup tinggi di kampungnya, yang tidak jauh dari makam ulama besar Datu Sanggul.

Maserani sendiri sempat kebingungan, karena di tengah jalan dana untuk membangun Rumah Tahfidz ini habis. Karena bantuan sejumlah donatur hanya mampu untuk membeli sebidang tanah dan beberapa material bangunan.Ia pun beberapa kali meminta bantuan teman dan kerabat serta beberapa lembaga, namun biaya operasional pembangunan rumah yang mendidik anak-anak menjadi Hafizd (Penghapal Quran) ternyata cukup besar.

“Sempat bingung juga bagaimana mencarikan dana tambahan bagi kelanjutan pembangunan Rumah Tahfidz At-Taisir ini. Pembangunannya tak boleh terhenti, apa pun yang terjadi. Akhirnya tak ada pilihan kami membuka usaha beternak ayam. Hasil peternakan ayam ini nantinya Insya Allah untuk melanjutkan pembangunan rumah bagi anak-anak belajar mengaji dan menghafal Quran,” tutur Maserani, sambil memberi pakan ternak di kandang ayam.

 

Sebagian santri tetap semangat belajar di ruangan sempit, dalam bangunan yang masih belum jadi.

Kandang ayam itu pun menurutnya  disewa dari warga setempat.Uang sewa sendiri ia rogoh dari kantong sendiri. Harapannya melalui usaha beternak ayam ini sedikit meringankan beban dalam membiayai kelanjutan pembangunan gedung tempat pusat pendidikan anak-anak belajar Quran di kampungnya.

Maserani dan warga sendiri sangat berterima kasih dengan bantuan Pemerintah Desa Tatakan dan masyarakat luas di Kabupaten Tapin dan Kalsel selama  ini. Sehingga pembangunan Rumah Tahfidz Quran bisa berjalan, walaupun sementara waktu terhenti akibat keterbatasan dana.Ia berharap kelanjutan pembangunan tetap berjalan.

“Kami selaku panitia pembangunan sangat berterima kasih dengan bantuan dermawan dan donatur hingga sudah separo jalan bisa dibangun. Tak ada pilihan lain kami tetap berusaha mencari kembali dana tambahan pembangunannya, termasuk dengan mengusahakan dengan beternak ayam,’ ujar Maserani menyeruput kopi sambil memandang bangunan Rumah Tahfizd yang belum selesai.

 

Aktivitas beternak ayam yang dilakoni Maserani dan warga yang hasil beternak ayam ini untuk digunakan modal membangun Rumah Tahfizd Quran di kampungnya.

Rumah Tahfidz Quran At-Taisir hingga kini masih membuka donasi pembangunan dari berbagai pihak. Bagi yang ingin memberikan donasi bisa menyerahkan langsung ke Panitia Pembangunan Rumah Tahfidz Quran At-Taisir, di Jalan A.Yani Km 98 RT 04.RW.02, Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin. Bantuan atau donasi juga bisa disalurkan melalui rekening Bank BRI 4563 01 019397 537 (Rumah Tahfidz Quran At Taisir). (Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version