Kampung Merah Putih Sebentar Lagi Ada di Banjarmasin

0

 

Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin sangat mengapresiasi gagasan  untuk membuat Kampung Merah Putih (Kamaratih) di salah satu kawasan di Banjarmasin.Kamaratih sendiri adalah sebuah kawasan percontohan mengobarkan semangat nilai-nilai berbangsa dan bernegara.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Tim Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) dengan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, baru-baru tadi, di Rumah Dinas Walikota Banjarmasin. Dalam pertemuan khusus tim PPWK yang didampingi Plt Kesbangpol , Lukman Fadlun, membeberkan rencana lebih jauh dan detil terkait dibuatnya Kampung Merah Putih.

Rencananya Kampung Merah Putih atau Kamaratih akan diproyeksikan di kawasan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.Kamaratih sendiri dipusatkan di area Komplek Bawang Merah dan Bawang, Komplek Jeruk Puruk hingga Komplek Cengkeh.

“Kami sangat mengapresiasi dengan gagasan pembentukan Kampung Merah Putih (Kamaratih), yang memberikan arti penting bagaimana mengobarkan semangat berbangsa dan bernegara dengan baik. Gagasan ini kami dukung sepenuhnya sebagai bagian upaya kita bersama meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, dan terpenting adalah meningkatnya jalinan persatuan dan kesatuan,” ujar Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dalam keterangan resminya.

Ada hal yang menarik dan mengusik perhatian Walikota Banjarmasin, karena tidak semua warga di perkampungan yang memasang bendera merah putih pada saat hari-hari besar kenegaraan maupun hari nasional. Hal ini sempat mengundang keprihatinan, karena banyak warga terkadang mengabaikan imbauan atau seruan untuk memasang bendera merah putih, sebagai sebuah penghormatan dan rasa bangga terhadap sebuah hari-hari besar nasional.

“Mudah-mudahan nantinya keberadaan Kampung Merah Putih menumbuhkan kesadaran besar bagi warga bagaimana seharusnya berbangsa dan bernegara, serta menjadi sebuah kewajiban sebagian bagian dari NKRI, cinta tanah air dan bangsa,” katanya.

 

 

Selaku pribadi dan Pemerintah Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyatakan dukungan program Kampung Merah Putih yang dimulai dari kawasan Banjarmasin Utara. Harapannya Kamaratih ini menjadi inspirasi dan contoh yang baik bagi masyarakat di kota Banjarmasin. Terlebih Kampung Merah Putih tujuannya sangat mulia, dalam upaya meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dilingkungan masyarakat yang meliputi 4 konsensus dasar kebangsaan, seperti Pancasila, UUD Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mentargetkan pelaksanaan Kick Off Kamaratih dimulai pada tanggal 1 Juni yang bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila. Sedangkan peresmian Kampung Merah Putih sendiri digelar pada tanggal 1 Agustus 2023 mendatang.

Sementara guna merealisasikan Kampung Merah Putih (Kamaratih), Tim Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) menyiapkan tim koordinasi, seperti Ali Alguhum,Sugeng HS dan Bambang melakukan survey ke kawasan Sungai Gampa dan Sungai Andai. Selain itu tim ini juga melakukan koordinasi dengan SMP Negeri 35 Banjarmasin, Dewan Kelurahan Sungai Jingah dan Sungai Andai. Tentunya untuk melakukan pengkajian-kajian terkait Kamaratih.

Sedangkan Tim lain terdiri dari Hamdani, Jarwo dan Ahmad Syakir, merumuskan kreateria Kampung Merah Putih, disamping menghitung kalkulasi anggaran hingga proses sosialiasi berlangsung kepada masyarakat luas

Kampung Merah Putih sendiri memiliki kreteria seperti rumah warga berada di pinggiran kota,  memiliki kawasan administratif (minimal 1 atau 2 Rukun Tetangga), berpenghasilan menengah ke bawah, memiliki masyarakat yang heteroge, berpendidikan cukup dan memiliki toleransi beragama yang cukup baik. Kamaratih sendiri adalah akronim dari Kampung Merah Putih, dan lambang kesetiaan dan cinta kasih.(Ridzky Husna).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!