Kisah Dhevi UMKM Saluang Kremes Crispy Yang Diapresiasi Wapres

0

Perempuan mungil berparas ayu sempat deg-degan ketika berdiri di stan UMKM miliknya. Antara percaya atau tidak, kaki perempuan bernama Dhevy sempat gemetaran. Bagaimana tidak tepat di depan stan UMKM miliknya , Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyapa dan melihat-lihat produk yang dipromosikan Dhevy. Didampingi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Istri, Wapres Ma’ruf Amin berbincang santai dengan Dhevy, salah satu UMKM yang meramaikan Pembukaan Kalsel Nasional Halal Fair 2023, Selasa (11/04/2023).

“Wah bagus ini produk ikan khas Saluang goreng dalam kemasan.Asli bikinan UMKM urang Banjar, ada bilis goreng juga, saya beli ya bu.Terus jaga kualitas produk dan semoga sukses ya,” ucap Wapres Ma’aruf Amin sambil melihat produk Saluang Goreng dan Krispy buatan UMKM bernama Dhevy ini.

Meskipun hanya singkat mengunjungi stan UMKM miliknya, namun sangat berkesan bagi seorang pelaku usaha UMKM asal Banjarbaru ini. Terlebih sejumlah produknya dibeli orang nomor dua memimpin Indonesia, bahkan beberapa staf Wakil Presiden pun ikut membeli produk yang Dhevy pajang.Hanya dalam hitungan belasan menit pajangan produk ikan saluang goreng dan bilis goreng (kremes Crispy) ludes terjual.

“Alhamdulillah ulun hampir pingsan, antara percaya atau tidak stan promosi UMKM ulun dikunjungi beliau.Alhamdulillah Bapak Wakil Presiden tadi sempat membeli 4 kotak Saluang goreng dan Bilis goreng, eh ternyata di belakang beliau ikut-ikutan membeli jua,” tutur Dhevy, saat berbincang santai dengan Economic Travelling.Com, jelang berbuka puasa.

 

 

Bagi Dhevy sendiri bisa bertemu dan berbicara langsung dengan Wakil Presiden bagaikan mimpi saja. Karena tak terbayangkan bertemu langsung dengan pemimpin kedua negeri ini.Perempuan cantik yang mewakafkan diri untuk mengembangkan usaha rumahan dengan produk khas lokal Banjar, mengira Wakil Presiden hanya lewat begitu saja. Namun tiba-tiba saja stan tempat dirinya memasarkan produk ikan Saluang goreng “Kremes Crispy” didatangi Ma’ruf Amin.

“Alhamdulillah beliau sangat senang kemasan produk UMKM seperti kami sangat baik, termasuk bisa menjaga kualitas produk dengan baik serta yang terpenting halal.Tadi sempat diberikan motivasi oleh beliau untuk terus berkarya dan berinovasi agar bisa memberikan kesejahteraan bagi UMKM.Alhamdulillah spirit luar biasa dari beliau langsung,” ucap Dhevy dengan mata berkaca-kaca karena terharu.

Dhevy sendiri adalah satu diantara ribuan pelaku usaha UMKM di Kalsel yang menjadi peserta pameran produk UMKM dalam rangka Kalsel Nasional Halal Fair 2023, di kawasan Nol Kilometer – Kantor Gubernur Lama, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin.

Tak ada yang tahu kalau perjuangan mengenalkan dan mengembangkan produk ikan saluang goreng dalam kemasan tidak seindah yang dibayangkan. Beberapa kali Dhevy yang banyak menghabiskan waktunya berusaha di bidang usaha rumahan ini, harus jatuh bangun. Apalagi sebagai pelaku usaha rumahan tantangannya cukup berat, karena harus bersaing dengan produk lainnya. Bahkan kala masa sulit, produknya tak pernah dilirik orang.

“Memang pada awalnya itu banyak orang meragukan produk olahan sederhana seperti kami ini.Apalagi kala itu kita memasarkan door to door.Beruntung keluarga terus memberikan semangat dan kawan-kawan pun terus mensupport untuk berjuang dengan produk sederhana namun akan menjadi kebanggaan keluarga dan daerah,” ujar Dhevy mengisahkan kilas balik perjuangannya dahulu.

 

 

Usaha Dhevy dengan mengusung branding Saluang Kremes Crispy perlahan-lahan mulai dikenal dan disukai konsumen. Produk rumahan yang digawi keroyokan bersama anak dan suami kini menjadi salah satu jajanan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang wisatawan atau orang berkunjung ke Kalsel.

Dhevy pun bersyukur usahanya untuk memajukan produk UMKM bersama kawan-kawan lainnya didukung Pemko Banjarbaru, organisasi dunia usaha hingga Dinas Koperasi dan UKM Kalsel maupun Dinas Pariwisata Provinsi maupun Kota. Bahkan  untuk meningkatkan kemampuan dan knowledge tentang pengembangan UMKM berkualitas, beberapa dirinya bersama pelaku UMKM lainnya diundang mengikuti pelatihan-pelatihan berbasis UMKM maupun ekonomi digital.Tak hanya itu beberapa kali produknya diikutsertakan di sejumlah pameran lokal maupun nasional.

“Harapan kami sederhana saja, produk olahan UMKM mendapat tempat di hati masyarakat. Semoga usaha kami bisa berkembang terus dan pasar global bisa menerima produk asli Urang Banjar Kalimantan Selatan,” harapnya sambil menyeruput teh manis hangat begitu sirene berbuka puasa berbunyi, di antara riuh rendah pengunjung yang memadati kawasan Kalsel Nasional Halal Fair 2023.(Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!