Walikota TambaSasayama, Takaaki Sakai, sangat terkesan dengan Kain Sasirangan cenderamata dari Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, hingga menyelempangkan ke bahu sepanjang pertemuan. (Foto-Dokumentasi Ibnu Sina).

 

Osaka- Jepang – Pemerintah Kota Banjarmasin akan meningkatkan kerja sama dengan Jepang di bidang kesehatan.Hal ini melihat seiring Jepang yang sangat membutuhkan tenaga-tenaga perawat dan kesehatan. Bagi Banjarmasin, tentunya akan mendorong kesempatan tenaga perawat terampil yang akan ditempatkan di Jepang.

Seperti dilansir dari Situs Kementerian Kesehatan RI (kemenkes.go.id) Negara Sakura sendiri sangat membutuhkan tenaga perawat dan caregiver dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk lansia di Jepang terus meningkat seiring dengan meningkatnya derajat kesehatan dan usia harapan hidup di negeri tersebut.

 

Foto Dokumentasi Ibnu Sina.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, disebutkan Sejak 2008 telah ditempatkan sebanyak 593 perawat dan 1.199 caregiver Indonesia yang di antaranya 127 perawat dan 330 caregiver yang telah lulus ujian nasional Jepang.

Terkait ini pula Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bertemu khusus dengan Walikota TambaSasayama, Takaaki Sakai, di Osaka, Jepang, Minggu (19/03/2023).Dalam pertemuan ini dibahas kerjasama bidang kesehatan terkait dengan upaya mendukung program tenaga-tenaga kesehatan dan caregiver yang terampil dari Indonesia.

“Melalui kerjasama ini tentunya memberikan peluang yang baik bagi anak Banua di bidang kesehatan.Saat ini Jepang membutuhkan banyak tenaga perawat dan perawat untuk lansia (caregiver).Peluang kerjasama ini terkait pendidikan dan kesehatan. Salah satunya juga tentang penempatan tenaga kerja Cargiver dengan Group-group Hospital, juga beasiswa D3 keperawatan untuk kemudian bekerja di Jepang,” ujar Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dalam keterangan resminya.

 

Sina).
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan HJ Siti Wasilah bersama sejumlah pengusaha di Osaka, Jepang. (Foto-Dokumentasi Ibnu Sina).

 

Banjarmasin sendiri telah menyiapkan tenaga-tenaga perawat dan caregiver (di jepang disebut dengan Kaigofukushishi.Sebagai tindak lanjut dari kerjasama ini sejumlah universitas negeri dan swasta di Banjarmasin siap bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin.Diantara perguruan tinggi tersebut terdapat Universitas Sari Mulia, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) dan Fakultas Keperawatan ULM. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!