Melihat Bazar Expo Sasirangan, Menuju Kemasyhuran Sasirangan

0

 

Banjarmasin – Beruntunglah wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin jelang pertengahan Maret 2023.Selain bisa langsung menyaksikan kemegahan opening Banjarmasin Sasirangan Festival 2023, pada Jumat malam, wisatawan dan pengunjung pun dapat bersantai mengelilingi Taman Siring Tendean Banjarmain.

Ya, di kawasan Menara Pandang Taman Siring Tendean Banjarmasin inilah Bazar Expo Sasirangan, digelar. Bazar Expo sekaligus forum diskusi Sasirangan yang diikuti oleh UMKM dari pengrajin sasirangan di Kota Banjarmasin, resmi dibuka Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina,Jumat pagi (10/03/2023).

Konon Bazar Expo Sasirangan ini diharapkan mampu meningkatkan kemasyhuran sasirangan di kancah Nasional. H Ibnu Sina optimis event BSF semakin ramai dikunjungi, baik dari warga Banjarmasin maupun warga luar kota.Hal ini terlihat dengan ramainya masyarakat termasuk turis nusantara dan mancanegara memadati area bazar yang diisi produk berkualitas pengrajin Sasirangan, produk UMKM khas Banjar hingga kuliner asli kota Seribu Sungai.

Saya berharap dalam kegiatan ini menjadikan kain Sasirangan semakin dikenal oleh penjuru Indonesia, bahkan kami dalam setiap event apapun selalu memperkenalkan Sasirangan ini baik secara langsung dari acara dalam Negeri maupun luar Negeri,” kata H Ibnu Sina.

 

 

Ibnu Sina yang didampingi Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar dan Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah serta sejumlah Forum Pimpinan Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin, mengaku bangga sekaligus terharu bazar expo ini kembali terselenggara setelah sempat mengalami masa surut saat pandemi.

“Mudah-mudahan ini bagian dari ikhtiar Kita semua untuk melestrarikan adat Budaya banjar, mewariskan kepada generasi setelah kita dan menjadi kebanggaan ketika memakai kain sasirangan,” tambahnya.

Ibnu Sina juga mengajak kepada seluruh warga Kota Banjarmasin untuk datang memeriahkan pergelaran acara tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan lebih terkait dengan Sasirangan. Tak hanya itu masyarakat pun bisa berbelanja produk terbaik dan berkualitas bikinan pengrajin dan UMKM Banjarmasin, baik untuk koleksi maupun oleh-oleh dibawa pulang wisatawan untuk sanak keluarga, begitu balik dari Banjarmasin.

“Ayo Kita ajak keluarga, tetangga dan juga seluruh warga untuk sama sama datang. Bangga memakai kain Sasirangan,” ajak H Ibnu Sina.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar melaporkan kegiatan expo bazar pameran ini merupakan rangkaian acara dari Banjarmasin Sasirangan Festival Ke-7 yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 Maret 2023 di kawasan Siring Menara Pandang Kota Banjarmasin.

“Kegiatan pameran Banjarmasin Sasirangan Festival ini salah satu perwujudan pembinaan dari Pemerintah Kota Banjarmasin dan juga Dekranasda Kota Banjarmasin yang mana merupakan wadah untuk melakukan promosi terhadap produk-produk yang mereka miliki dan tujuan lainnya adalah untuk memeriahkan kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival,”tuturnya.

Sementara Chandra warga Tangerang Selatan mengaku terkagum-kagum dengan suasana Bazar Expo Sasirangan yang berada di Water Front City, Menara Pandang Siring Tendean Banjarmasin. Bagi dirinya ini sesuatu yang mengesankan untuk dikisahkan kepada teman-temannya agar berkunjung ke Banjarmasin.

“Baru pertama kali kesini pas ada urusan bisnis, eh ternyata pamerannya unik berada di bantaran Sungai Martapura. Produk yang dipromosikan khas banget, apalagi kain Sasirangannya keren sekali. Tahun depan Insya Allah saya ajak teman-teman ke Banjarmasin untuk melihat bazar dan Banjarmasin Sasirangan Festival,” ujarnya ditemani salah satu rekan bisnisnya dari Semarang mengunjungi sejumlah tenda stan UMKM. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!