Wartawan Economic Travelling.Com Juara Kompetisi Karya Jurnalistik 2023

1

 

Banjarmasin – Prestasi bagus kembali ditorehkan wartawan media online, Economic Travelling.Com. Kali ini melalui wartawannya yang sekaligus Pemimpin Umum Economic Travelling.Com, Olpah Sari. Wartawati yang dikenal sebagai penggiat pariwisata nasional ini, berhasil menyabet Juara III Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023 yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Gelar terbaik ketiga untuk katagori media online dan elektronik ini semakin melengkapi prestasi Olpah Sari. Tahun 2022 lalu, dirinya juga berhasil menyabet juara III Lomba Menulis Artikel yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.Sedangkan Tahun 2021 silam, wartawan Economic Travelling.Com juga menjadi Juara I Nasional Lomba Menulis Artikel Sawit, yang diadakan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Jakarta.

 

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti memberikan piagam penghargaan kepada wartawan Economic Travelling.Com, Olpah Sari.

Meskipun termasuk tidak diunggulkan dalam Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023, yang sarat diikuti wartawan senior dan berpengalaman dari puluhan media, namun karya tulis perempuan yang dikenal spesialis wartawan pariwisata ini memberi kesan mendalam sejumlah juri dari Institute Tempo Jakarta. Karya tulisnya semi feature berjudul “ Serasa Di Paris,Menara Effel di Kebun Petani Kotabaru”, dinobatkan sebagai terbaik ketiga, dbawah karya Jumarto Julianus (wartawan Kompas.Com) dan Diananta Putra Sumedi (Wartawan Banjarhits Grup).

“Alhamdulillah tulisan ini sebenarnya saya persembahkan buat kawan-kawan petani di Kotabaru yang kreatif menyulap kebunnya jadi taman edukasi dan pertanian.Ini apresiasi saya kepada mereka yang dituangkan dalam tulisan semi feature, karena itu inspiring. Kemarin hanya sekedar berpartisipasi meramaikan Kompetisi Menulis Jurnalistik yang diadakan Bank Indonesia.Tidak menyangka mendapat juara tiga, sekali lagi Alhamdulillah,” ucap Olpah Sari, yang langsung disalami sejumlah rekannya dan para dosen yang menghadiri Reopening Perpustakaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalsel, Banjarmasin, Senin (20/02/2023).

Prestasi Olpah Sari sendiri tidak terlepas dengan hobbinya yang suka travelling dan liputan ke sejumlah daerah. Semua perjalanan ia tuangkan dalam tulisan sederhana dan berharap enak dibaca siapa saja.Bagi istri wartawan senior ,Muhammad Risanta, semua yang ditulisnya semata-mata sebuah informasi yang bisa memberikan manfaat kepada siapa saja. Terkadang bersama sang suami, sering berkolaborasi menulis berita-berita seputarar pariwisata dan ekonomi.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo, mengungkapkan Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023 adalah kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan awak media menuangkan ide-ide segar dan liputan berkualitas. Pada kegiatan ini mereka bekerjasama dengan Tempo Institute untuk menyeleksi 388 karya tulis jurnalistik yang dikirimkan jurnalis media cetak dan elektronik serta online.

“Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023 merupakan juga bentuk apresiasi kami kepada teman-teman wartawan dan media yang selama ini berkontribusi positif menyajikan informasi program-program Bank Indonesia. Dan tema yang diangkat adalah sinergi dan inovasi memperkuat ketahanan kebangkitan ekonomi Kalsel dengan lima sub tema,” ungkap  Wahyu Pratomo.

Para pemenang sendiri menerima piagam dan plakat yang diserahkan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti didampingi oleh Wahyu Pratomo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, M Muslim serta kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalsel, Nurliani Dardie.

Berdasarkan keputusan Panitia Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023, untuk kategori media cetak, juara 1 diraih Jumarto Yulianus (Kompas), disusul juara 2 oleh Nurholis Huda (Banjarmasin Post), jsedangkan juara 3 ditempati Sunarti (Kalimantan Post). Posisi juara harapan 1 diraih Raudah Anisya (Radar Banjarmasin), dan juara harapan 2 diraih Afdiannoor Rahmanta (Barito Post).

Sedangkan kategori media online dan elektronik, juara 1 diraih Diananta Putra Sumedi (banjarhits.com), Posisi kedua diraih Jumarto Yulianus (Kompas.id), Juara 3 disabet Olpah Sari (Economictravelling.com). Sedangkan harapan 1  menempatkan diraih Ahmad Faisal (Jejakrekam.com), dan disusul harapan 2 diisi oleh Arianto (Kalsel.antaranews.com). (Ridzky Husna Risanta).

1 thought on “Wartawan Economic Travelling.Com Juara Kompetisi Karya Jurnalistik 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!