Menimba Ilmu ke Jakpro Jakarta, Strategi Belajar Pemko Banjarmasin Dirikan BUMD

0

Wakil Walikota Banjarmasin, H.Arfin Noor beserta Rombongan Tiba di Kantor Jakpro Jakarta. (Foto-Istimewa)

 

Jakarta – Pemerintah Kota Banjarmasin, tampaknya serius ingin membentuk dan mendirikan BUMD. Tentunya BUMD yang dibentuk benar-benar yang profesional dan memberikan kontribusi positif, serta ditangani manajemen yang baik.

Demi mewujudkan keinginan tersebut, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor bersama Plt Ast II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Muhammad Isa Anshari, Kepala Dinas Perdagin, Ichrom Muftezar, Kepala Dinas PUPR, Suri Sudarmadiyah dan Kepala Dinas Kominfotik, Windiasti Kartika, serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, Kamis (16/02/2023) bertolak ke Jakarta.

Keberangkatan kepala daerah ini bukan sekedar kunjungan biasa, namun berguru langsung ke PT Jakarta Propertindo (Persiroda) atau yang populer disebut Jakpro.Kedatangan rombongan delegasi Pemerintah Kota Banjarmasin ini disambut langsung Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertindo, Adi Santosa bersama jajaran.

PT Jakarta Propertindo merupakan perusahaan Properti, Infrastruktur, Utilitas dan Teknologi Informasi Komunikasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. awalnya merupakan sebuah Badan Pengelola Lingkungan (BPL) yang didirikan pada tahun 1985 dengan tanggung jawab mengelola kawasan Pluit. Selanjutnya pada September 1997 PT Pembangunan Pluit Jaya dengan limpahan aset dari eks BPL Pluit merger dengan PT Pembangunan Pantai Utara Jakarta. Pada tanggal 15 Desember 2000, kedua perusahaan merger ini berubah menjadi PT Jakarta Propertindo. Dan tahun 2018, Perusahaan menjadi Perseroan Terbatas Jakarta Propertindo (Perusahaan Daerah) bagi Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak di bidang properti, infrastruktur, utilitas dan teknologi informasi komunikasi milik Pemerintah DKI Jakarta.

Sejak saat itu, Perusahaan tidak hanya membidangi sektor properti, tetapi juga mulai merambah ke sektor infrastruktur. Proyek-proyek ini kemudian meluas pada pembangunan jalan tol, waduk, dan prasarana infrastruktur lain. Pada tahun 2014, Perusahaan kemudian membagi perusahaannya menjadi 3 anak usaha yakni properti, infrastruktur, dan utilitas.

Wakil Walikota Banjarmasin, H.Arifin Noor , mengaku terkesan dengan sistem manajemen yang diterapkan perusahaan daerah di DKI Jakarta ini. Karena ia berharap dengan belajar angsung ke Jakpro, Banjarmasin bisa menerapkan pengetahuan dan wawasan manajemen sebuah BUMD.

“Ya mudah-mudahan kita juga , bisa berguru dan belajar dengan Jakpro, memudahkan dalam pengelolaan sebuah BUMD di Banjarmasin.Motonya memberikan spirit, Jakpro untuk seluruh masa depan negeri kita di Indonesia, salah satunya kota Banjarmasin, dan memang akan menjadi sa;ah satu kota penyangga ibu kota baru,”harap Arifin Noor.

Arifin pun optimis Banjarmasin bisa mewujudkan harapan masyarakat Banjarmasin, tentang upaya keprofesionalan untuk membentuk usaha daerah. Dengan sharing dan masukkan langsung dari Jakpro ini memudahkan pihaknya menjalankan roda organisasi perusahaan milik daerah ini.

Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertind, Adi Santosa mengaku merasa bangga dan bersyukur atas kehadiran dari delegasi Pemerintah Kota Banjarmasin yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin.

“Kami siap untuk mendukung Banjarmasin dalam rencana membangun atau membentuk satu perusahaan daerah BUMD melalui anak perusahaan kami PT Jakarta Propertindo .Kami siap melakukan pendampingan mulai dari tahap kajian, perencanaan maupun memperoleh perizinan dan bagaimana suatu BUMD ini di operasikan,” ungkap Adi.

Adi Santosa menyebutkan, sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, Banjarmasin memang sudah selayaknya siap berbenah untuk menyambut perkembangan kota kedepannya. Apalagi sambungnya, setelah nanti tahun 2024 IKN itu mulai dioperasikan dan dipergunakan, terutama dalam hal perkembangan teknologi,

“Sekali lagi, kami sangat senang ada komitmen untuk BUMN BUMD ini bisa terbentuk di tahun ini juga. Kami siap mendukung mensupport melalui anak perusahaan kami PT Jakarta Propertindo, demikian terimakasih, sukses Jakarta untuk Indonesia, pengalaman kami di Jackpro membantu kesuksesan Banjarmasin,” sebutnya.(Ridzky Husna Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!