Alhamdulillah, Haul Abah Guru Sekumpul Digelar Kembali

0

 

Dipusatkan di Kampung Keramat, Telok Selong, Tanggal 26 Januari 2023.

Martapura – Kerinduan masyarakat dan jutaan jemaah akan sosok ulama kharismatik KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Abah Guru Sekumpul, terobati sudah. Karena Haul Akbar ulama kharismatik, Abah Guru Sekumpul,akhirnya digelar kembali. Sebelumnya kegiatan Haulan tidak dilaksanakan selama dua tahun,akibat pandemi Covid-19.

Kabar gembira ini pun disampaikan langsung KH Wildan Salman atau Guru Wildan, Minggu (8/12/2022) malam. Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfiz dan Ilmu Alquran Martapura, mengatakan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul dilaksanakan pada Hari Kamis (Malam Jumat) , tanggal 26 Januari 2023, yang bertepatan dengan 5 Rajab 1443 H.

Berbeda dengan kegiatan Haul Akbar sebelumnya, yang digelar di kawasan Sekumpul, Martapura. Kegiatan kali dilaksanakan dan dipusatkan Kampung Keramat, Desa Telok Selong, Kecamatan Martapura Timur,Martapura, Kalimantan Selatan. Kegiatan Haul Akbar ke-18 sendiri persis digelar di kediaman pribadi keluarga besar Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor.

“Alhamdulillah, ini sekaligus menjawab kerinduan jemaah, karena selama dua tahun tidak ada Haul Akbar Abah Guru Sekumpul. Kita akan melaksanakan Haul Akbar ini pada Malam Jumat, tanggal 26 Januari 2023,” kata Guru Wildan,  kepada awak media usai menghadiri Aqiqah cucu Gubernur Kalsel di Martapura, Minggu Malam (08/01/2023).

 

 

Terkait hal ini pula Guru Tuan Guru Wildan, mengundang seluruh jemaah baik dari dalam maupun luar Kalsel untuk berhadir mengikuti Haul ke-18 Guru Sekumpul itu pada Kamis 26 Januari 2023. Kegiatan Haul sendiri terbuka untuk umum dan dalam kesempatan ini pula pihaknya mengundang langsung para ulama dari Tebu Ireng, Jawa Timur (Jatim).

“Insya Allah nanti tausiyah akan disampaikan langsung ulama dari Tebu Ireng, Jawa Timur. Karena itulah kami mengundang seluruh masyarakat dan jemaah Abah Guru Sekumpul di sejumlah daerah dan Negara ke Martapura, pada kegiatan Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18,” ujar Guru Wildan.

Guru sekumpul adalah sosok ulama kharismatik yang dimiliki Kalimantan Selatan dan Indonesia. Ulama kelahiran Desa Tunggul Irang Seberang, Martapura, dikenal dengan ajaran dan ilmu yang luas tentang agama, serta ulama yang sangat dekat masyarakat.

Guru Sekumpul sendiri wafat hari Rabu, 5 Agustus 2005 silam dan dimakamkan disamping Mushalla Raudah, Sekumpul Martapura. Setiap hari makamnya dikunjungi ribuah peziarah dari berbagai kota di Indonesia dan sejumlah negara.(Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version