Berkontribusi Positif Majukan Pariwisata,  ASPPI Masuk Tim Perumus Penyusunan SKKNI Kepemanduan Ekowisata

0

Jakarta – Kiprah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) di industri kepariwisataan nasional terus mendapat apresiasi di mana-mana. Salah satu asosiasi pariwisata nasional ini dinilai memiliki komitmen kuat memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

ASPPI pun dinilai salah satu organisasi yang banyak memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri pariwisata Indonesia. Organisasi yang sekarang dipimpin Agus Pahlevi tergolong aktif dalam sejumlah pergerakan terutama pasca pandemi, dengan sejumlah event-event berskala nasional.

Baru-baru ini ASPPI pun mendapat kepercayaan sebagai salah satu Asosiasi yang menjadi tim perumus dalam penyusunan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Kepemanduan Ekowisata dalam Konvensi Nasional RKKNI di Jakarta, akhir Nopember 2022.KKNI sendiri bidang Kepemanduan Ekowisata yang disepakati ada tiga jenjang Kualifikasi yang meliputi Jenjang Kualifikasi 4  Bidang kepemanduan Ekowisata Muda, Jenjang Kualifikasi 5 Bidang Ekowisata Madya dan Bidang Jenjang Kualifikasi 6 Bidang Kepemanduan Ekowisata Utama.

“Alhamdulillah ASPPI diberikan amanah menjadi tim perumus dan penggodok dalam penyusunan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Kepemanduan Ekowisata. Tentunya sebagai salah satu Asosiasi yang mendapat kepercayaan kami akan berusaha memberikan masukan-masukan terbaik dalam perumusan tersebut,” ungkap Wakil Ketua Umum ASPPI, Hendri SE,MM, kepada awak media, Jumat (2/12/2022).

Menurut Hendri keikutsertaan ASPPI dalam penyusunan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Kepemanduan Ekowisata, yang diinisiasi Kemenparekraf, merupakan komitmen dalam penguatan SDM.

“Langkah Kemenparekraf sendiri sangat selaras dengan program ASPPI dalam penguatan sumber daya manusia pariwisata. Apalagi keinginan Kemenparekraf ini dalam rangka memenuhi kebutuhan industri dan dunia usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan tenaga kerja yang kompeten,kami memberikan dukungan penuh,” ujar Hendri.

Sekedar catatan sebelum Konvensi Nasional, sejumlah perwakilan ASPPI juga mengikuti serangkaian tahapan seperti FGD ( Focus Group Discussion) tanggal 24 September 2022 di Jakarta, yang dihadiri langsung Hendri,SE MM(Wakil Ketua Umum Asppi) dan Joko Langen(Tim perumus). Selanjutnya FGD tanggal 2-3 Nopember 2022 dengan delegasi Bahriansyah dan Joko Langen(Tim perumus).Pada Pra Konvensi Nasional Bidang ecotourism tanggal 15 November 2022 di Jakarta ASPPI pun mengirimkan kembali Bahriansyah dan Hendri SE MM serta Joko Langen.

Terakhir pada Konvensi Nasional RSKKNI Bidang Ecotourism tanggal 29 November 2022 dilaksanakan di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, ASPPI pun mengerahkan tim delegasi lengkap dimulai dari Bahriansyah, Muklis Abdilah, Hendri,SE MM, H Eri Cahari, Joko Langen, Ahmad Azhari, Eko pristianto, Khaerul Gumay.

Kegiatan Konvensi Nasional ini juga dihadiri langsung berbagai utusan seperti ASPPI, Desma center, Indonesia Ecotourism Network,Forina, Piknik Nusantara, Carbin Ethic, TWA mangrove, kampung wisata cinangneng, HPI , Pemandu Geowisata, Jakarta Good Guidr, Pokdarwis kota bogor,Forum wisata Alam pangrango, Universitas Nasional, Binus University, UPH, Universitas Sahid, Vokasi Universiatas Indonesia, sekolah tinggi Trisakti, Univerdutas pancasila,  vokasi IPB jurusan Ekowisata serta Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif  RI ,Deputi  Bidang SDM dan Kelembagaan  Kementrian ketenagakerjaan RI. (Olpah Sari RisantaTim Kehumasan ASPPI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!