Alhamdulillah Wakil Kalsel Qori dan Qoriah Terbaik di MTQ Nasional XXIX

0

 

Banjar – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama H. Zainut Tauhid Sa’adi di Astana Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar pada Selasa (18/10/2022) malam.

Tak hanya sukses sebagai tuan rumah yang baik dan ramah, pada event besar kali ini Kalsel mengukir tinta emas dalam prestasi. Tuan rumah Kalsel menempati rangking tiga perolehan juara, setelah Jawa Timur dan DKI Jakarta. Prestasi ini pun semakin menunjukkan kalau provinsi dibawah kepemimpinan Gubernur Paman Birin, tetap menjadi lumbung qori-qoriah terbaik nasional.

Setidaknya di MTQ Nasional XXIX 2022, Kalsel juga sukses menempatkan dua kafilahnya sebagai Qori dan Qoriah terbaik. Qoriah asal Provinsi Kalsel Hj. Raudhah menjadi yang terbaik kategori dewasa dalam pelaksanaan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022. Sedangkan Muhammad Rizkon menjadi Qori Terbaik kategori dewasa. Piala Qoriah Terbaik MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 ini pun diserahkan langsung Wamenag Zainut yang didampingi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Sebelumnya juga Ketua Dewan Hakim Prof dr KH Said Agil Husien Almunawar mengumumkan nama-nama pemenang lomba sekaligus juara yang masuk dalam 10 terbaik kafilah MTQ Nasional tahun ini.

Peringkat pertama MTQ Nasional ke XXIX tahun 2022 diraih kafilah dari Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang medapat poin 87 , disusul DKI Jakarta sebagai runner up dengan nilai 66, dan juara ketiga adalah Kalimantan Selatan.

Selanjutnya secara berurutan, Provinsi  Jawa Barat (43), Sumatera Barat (35), Sumatera Utara (22), Kepulauan Riau (20), Sumatera Selatan dan Aceh Nangroe Darusalam keduanya berada di peringkat 8 dengan nilai sama yakni 12, Jambi (8), dan peringkat terakhir adalah Jawa Tengah (7).

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, mengapresiasi suksesnya MTQ Nasional XXIX 2022 yang diselenggarakan di Kalsel. Dia juga memuji keramahan masyarakat Kalsel dan kesuksesan Kalimantan Selatan dalam menyelenggarakan MTQ nasional ke-29 tahun 2022.

“Terimakasih masyarakat Kalsel atas keramahan dan terimakasih Gubernur Kalsel atas kesuksesan pelaksanaan MTQ ini,” ujar Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi.

Dalam kesempatan itu juga Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, Alquran menjadi inspirasi bagi keberagaman menjadi harmonis dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Karena itulah dirinya sangat mengapresiasi MTQ Nasional XXIX tahun 2022 di Kalsel yang diikuti sebanyak 1.676 orang delapan  cabang 23 golongan.

“Saya bangga atas lahirnya kader Al Quran pada MTQ Nasional dan akan menjadi calon pemimpin dimasa mendatang yang berakhlakul Karimah,” kata Zainut saat memberikan sambutan sekaligus menutup pelaksanaan MTQ Nasional .

Pemerintah, sambung Zainut akan terus mendukung dan memfasilitasi pengembangan Alquran di Nusantara. MTQ adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mengenalkan Al Quran kepada generasi muda dan sekaligus upaya membumikan Al-Quran di seluruh Indonesia.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan terimakasih kepada seluruh kafilah pencinta Al Quran seluruh Indonesia yang telah datang ke Kalimantan Selatan Bababussalam.

“Terimakasih atas dukungan semua pihak atas kelancaran MTQ XXIX di Kalimantan Selatan,” kata Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Paman Birin juga berharap para tamu dan kafilah merasa puas atas berbagai pelayanan yang telah diberikan Kalimantan Selatan. Baik itu mulai pelayanan yang kami berikan  dari kedatangan, antar jemput, penginapan hingga kepulangan.

“Sekali lagi selamat jalan para tamu dan kafilah ke provinsi masing-masing. Datang selamat, pulang juga selamat sampai tujuan,” tutur Paman Birin.

Kepiawaian Kalsel mengemas MTQ Nasional XXIX dengan baik dan profesional diapresiasi sejumlah kontingen kafilah yang mengikuti event akbar ini. Kalsel pun dinilai sebagai tuan rumah yang baik dan didukung sikap ramah tamah warganya kepada para peserta MTQ Nasional hampir di sejumlah venue yang tersebar di tiga kabupaten dan kota.

“Alhamdulillah selama berada di Kalsel kami mendapat pelayanan luar biasa dari tuan rumah, termasuk masyarakat Kalsel yang ramah tamah, apalagi pa Gubernurnya luar biasa perhatiannya kepada seluruh kontingen.Ini kesan yang baik yang selalu kami ingat,” ujar Dr.Asren Nasution, Ketua LPTQ Sumut kepada wartawan menjelang penutupan MTQ Nasional XXIX 2022.(Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version