Apresiasi Khusus Buku Adventure Journey Wonderful Indonesia

0

 Jakarta – Baru dua pekan dilaunching di Bandung, Buku Adventure Journey Wonderful Indonesia mendapat apresiasi luar biasa masyarakat pariwisata Indonesia. Buku yang ditulis Imam Budi Sumarna mengangkat sisi lain perjalanan seorang traveler perempuan tangguh, Abby,menjadi bahan refrensi penggemar wisata petualang maupun traveling Indonesia.

Meskipun ditulis sederhana dan menampilkan foto-foto petualangan “Abby” menjelajah negeri, namun kesan eksklusif terlihat dalam rangkaian kalimat sepanjang halaman. Tak heran buku yang tak hanya mengenalkan sosok petualang Indonesia, Abby, namun mengangkat sisi keindahan dan eksotisnya Indonesia dari perfekstif pariwisata, enak untuk dibaca dan menjadi salah satu rujukan penggemar adventure.

 

Husni Nafarin misalnya, terkesan dengan pandangan pertama dengan buku yang menjadi tren setter di kalangan pencinta alam dan penggiat kepariwisataan.Menurutnya buku yang banyak mengeksplore keindahan Indonesia dari sisi berbeda menjadi daya tarik yang tak ada ditemui dengan buku-buku lainnya. Karena sangat jarang seorang traveler mendokumentasikan begitu rapi setiap perjalanannya menjelajahi tempat-tempat terindah di Indonesia, bagaikan sorga yang tersembunyi.

“Buku abby adalah salah satu masukan yg juga harus dijadikan referensi para stakeholder dalam membangun infrakstruktur dan SDM yang mumpuni di seluruh pariwisata di wilayah NKRI.Saya terkesan sekali bagaimana Abby menuangkan gagasan dalam frame sederhana namun cukup menggambarkan ini lho Indonesia yang indah, mengapa harus berwisata ke luar negeri, kalau di pelosok Indonesia terdapat sorganya wisata,”ujar Husni Nafarin, wirausaha muda sekaligus owner “Ketupat Kaum” Banjarmasin, kepada Tim Economic Travelling.Com, Selasa (6/9/2022).

 

 

Menurut pria yang juga pengurus Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel, Abby adalah potret traveller’s yang mandiri dan berpetualang untuk berwisata dan mengetahui keadaan wisata di seluruh wilayah indonesia, dari sabang-merauke.Sosok perempuan berkulit eksotis dan berbadan tegap ini,  dinilai berpetualang sendiri sambil menpelajari kebudayaan masyarakat sekitar, sehingga mengetahui apa yg diperlukan dan perlu dibenahi. Semua kelebihan atau kekurangan dari semua keindahan di indonesia ditulis dalam frame foto-foto dengan detail.

Bahkan dalam perjalanan Abby sempat menemukan sebuah perkampungan minim pengairan padahal potensi untuk pertanian terbuka lebar. Demikian pula di tengah gegap-gempita kunjungan ke destinasi unggulan, ada perkampungan yang belum tersentuh energi listrik.Padahal kampung tersebut sangat dekat dengan wilayah destinasi wisata.

“Setiap perjalanannya memiliki nilai dan hikmah tersendiri untuk membangun tempat wisata di indonesia dan memberikan masukan kepada semua pihak agar apa yang dia lihat dan rasakan selama perjalanannya bisa memajukan indonesia. Simple berfikir membuktikan perempuan ini smart,”sambung Dosen Universitas Sari Mulia Banjarmasin.

 

 

Senada dengan itu, salah satu penggiat pariwisata senior Indonesia, Pongky Koesasih, mengatakan kemasan yang tertuang dalam Adventure Journey Wonderful Indonesia sangat bagus dan mampu mengambarkan informasi menarik dalam perjalanan-perjalanan panjang di belahan negeri. Ia pun mengapresiasi perempuan adventure ini yang tulus membagi pengalaman lewat foto dan tulisan yang disajikan begitu indah dalam sebuah buku eksklusif.

“It was wonderful Adventure Journey sangat bagus dan mudah dicerna juga memberikan gambar serta info-info menarik sejak prakata hingga testimoninya. Terus terang saya sangat menyukainya. Seorang Wanita Adventure yg membagi pengalaman lewat gambar indah dan bisa menjadi rujukan bagi wisatawan terutama kalangan milenial yang suka bertualang,” tutur Om Pongky, sapaan akrab pria dikenal salah satu praktisi senior dalam industri pariwisata Indonesia.

Pongky sendiri berharap buku Adventure Journey Wonderful Indonesia bisa menjadi salah satu rujukan bagi pelaku pariwisata Indonesia. Apalagi buku yang ditulis seorang master dan ahli fotografi, Imam Budi ini sangat berguna sekali dan menginspirasi untuk membangkitkan pariwisata Indonesia.

“Buku ini sebagai contoh positif dalam memperkenalkan keindahan-keindahan Indonesia seutuhnya.Sangat bagus untuk kita-kita termasuk pengusaha biro perjalanan, operator tour Indonesia dan pramuwisata,” pungkasnya. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!