Perjalanan Wisata Kubah Basirih, Yang Bikin Menparekraf Terkesan Susur Sungainya

0

 

Banjarmasin – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Destinasi Wisata Kubah Basirih, Banjarmasin. Kunjungan khusus sekaligus ingin melihat dari dekat salah satu destinasi Kubah yang menjadi lokasi makam keramat Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih.

Kubah Basirih sendiri salah destinasi wisata religi yang paling ramai dikunjungi peziarah setiap harinya.Hampir ribuan orang mengunjungi kawasan Kubah Basirih, untuk berziarah ke makam salah satu ulama termasyur pada zamannya, Alhabib Hamid Abbas Bahasyim.Tahun ini Kubah Basirih masuk dalam nominasi 50 besar Desa Wisata 2022. Sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

 

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungan ke kawasan Wisata Kubah Basirih, Jumat (3/6/2022) mengaku terkesan dengan suasana destinasi ini. Apalagi sebelumnya dirinya bertolak ke Kampung Basirih menggunakan moda transportasi sungai, speedboat. Ditemani Walikota Banjarmasin, H.Ibnu Sina, Menparekraf Sandiaga Uno menyusuri sungai dengan pemandangan yang pemukiman alami ala warga Banjar.

“Ini adalah salah satu desa wisata yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.Desa Wisata Kubah Basirih ini memberikan sensasi luar biasa dan saya melihat ini harus dikunjungi. Karena tadi sempat susur sungai dengan disuguhi pemandangan sungai yang indah , suasana alami Banjarmasin,” ungkap Sandiaga Uno.

 

 

Kunjungan ziarah sendiri merupakan wujud penghormatan kepada ulama terkenal Banjarmasin, yang makamnya selalu dikunjungi peziarah dari berbagai kota di Indonesia dan luar negeri.Karena itulah Sandiaga Uno mengajak masyarakat lainnya untuk mengunjungi Kubah Basirih, karena tak hanya ada wisata religi namun juga bisa melihat dari dekat potensi ekonomi kreatif dengan kearifan lokalnya.

Dalam kesempatan tersebut Sandi juga berpesan kepada pengelola untuk bisa menjaga kebersihan di lokasi tersebut. Sandi juga menemui hal unik lainnya yang bisa diangkat menjadi salah satu tujuan wisata di Kalsel yaitu pasar terapung yang melakukan aksi Jukung Teratai, yaitu formasi perahu-perahu yang membentuk pola seperti bunga teratai. “

Pasar terapung menjadi kegiatan masyarakat lokal yang sangat menarik perhatian wisatawan dan ini dapat menjadi daya jual yang harus dikembangkan untuk peningkatan ekonomi yang berkelanjutan”, tambahnya.

Mengakhiri kunjungannya, Sandi juga langsung memberikan sertifikat, plakat, goodie box, prasasti untuk desa wisata Kubah Basirih. Selain itu Mas Menteri juga memberikan bantuan berupa dua Set Alat Hadrah untuk mendukung kegiatan warga desa. Selain itu Sandiaga Uno juga memberikan tempat sampah dan tempat cuci tangan untuk membantu fasilitas CHSE di desa wisata Kubah Basirih.

 

 

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk kedua kalinya dengan mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit”. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

 

Tujuan program ini agar menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

Kebangkitan ekonomi dari desa-desa untuk membangun Indonesia. Selain itu dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf. Dari data kegiatan Anugerah Desa Wisata tahun 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia dan target di tahun 2022 adalah 3.000 desa wisata yang diharapkan terjaring sehingga mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version