Harapan Paman Birin Pemerintah Pusat Kabulkan Usulan Gelar Pahlawan Nasional Bagi Datu Kalampayan

0

Banjarmasin – Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, berharap Pemerintah pusat segera mengabulkan usulan agar ulama besar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, diberi gelar sebagai pahlawan nasional. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sendiri mengajukan usulan Ke Kementerian Sosial RI, agar penulis kita Sabilal Muhtadin yang mendunia ini mendapat gelar pahlawan sesuai dengan sumbangsih bagi daerah, bangsa dan negara.

Hal ini dikatakan Gubernur Sahbirin Noor, saat memberikan sambutan Kegiatan Haul Akbar ke-216 Al Alimul Al Allamah Al Arif Billah Al Bahrul Ulum Al Waliyullah Quthb Akwan Asy Syekh Sayyidil Habib Al Mukarram Maulana Muhammad Arsyad Bin Habib Abdullah Al Hindi atau Datu Kalampayan, di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin Kamis (12/05/2022).

“Pada momen ini pula kita berharap usulan gelar Pahlawan Nasional kepada Syekh Muhamad Arsyad Al-Banjari dikabulkan Pemerintah Pusat,” kata Paman Birin, sapaan dari Sahbirin Noor.

Paman Birin sendiri mengaku bahagia karena bisa bertemu para habaib, ulama dan ribuan jamaah dalam kegiatan Haul Akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Ia pun sangat bersyukur saat berdampingan dengan para habib dan ulama, sambil mengenang sosok ulama yang memiliki peran besar dalam sejarah perkembangan Islam di Kalsel khususnya, pada Haul Akbar Datu Kelampayan yang ke 216 .

“Kita semua berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, termasuk haul untuk ulama Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul dan lainnya.”ujar Paman Birin.

 

 

Foto-foto Dokumentasi Biro Adpim Pemprov Kalsel

 

Sebelumnya di bulan Nopember 2021,Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat konsultasi dengan beragam unsur,terkait rencana mengusulkan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional. Dan jika dikabulkan merupakan pahlawan nasional kelima dari Kalimantan Selatan.

Panitia Pengusul sendiri mengklaim telah memenuhi syarat utama yakni umum, khusus dan administrasi. Secara khusus Datu Kalampayan memiliki sejumlah karya berupa kitab-kitab dan salah satunya yang sangat populer adalah kita Sabilal Muhtadin.Sejumlah kitab karya Datu Kelampayan menjadi rujukan kehidupan beragama berbagai negara. Tak hanya itu ulama besar ini dianggap berjasa dibidang pertanian maupun hukum.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!