Keren ! Ini Strategi Jitu Tangani Sampah Ala Mapala

0

Mapala STIMI  & ALUN Kalsel Kolaborasi Diklatsar Anggota Mapala Baru

Banjarmasin – Menjadi mahasiswa pencinta alam itu, tak selamanya hanya berurusan dengan pendakian dan adventure maupun rescue semata.Namun ia dituntut peka dengan keadaan lingkungan sekitar termasuk hutan dan pegunungan. Tak heran jika mahasiswa pencinta alam (mapala) identik dengan kepedulian terhadap alam.

Setidaknya gambaran itu terpotret dari serangkaian kegiatan yang dilakukan Mapala STIMI Banjarmasin. Senin (28/02/2022), mereka menggelar pembekalan ilmu calon anggota baru Mapala Kampus STIMI Banjarmasin. Mapala STIMI juga mengandeng ALUN (Apresiasi lingkungan hutan Indonesia) Kalsel serta Mapala Gilmarpala STIE Pancasetia Banjarbaru, dalam kegiatan pembekalan ilmu bagi calon anggota baru Mapala Kampus STIMI Banjarmasin.

“Tentunya hal ini memberikan manfaat luar biasa terkait pembekalan ilmu prusiking dan abseling calon anggota mapala kampus kami. Ke depannya kita akan tingkatkan kembali sinergisitas dengan kalangan luar seperti ALUN Kalsel dan Gilmarpala STIE Pancasetia Banjarbaru,” jelas Noval, Ketua Mapala STIMI Banjarmasin, di sela-sela kegiatan pembekalan ilmu calon anggota baru Mapala Kampus STIMI Banjarmasin. Senin (28/02/2022).

 

Pihaknya sendiri mengapresiasi ALUN (Apresiasi lingkungan hutan Indonesia) Kalsel dengan supportnya luar biasa dengan gerakan lingkungan sehat bebas sampah. Strategi perang sampah yang dilakukan juga dalam menangangi persoalan sampah menjadi materi menarik bagi calon anggota baru Mapala.

“Persoalan sampah memang masalah yang harus kita tangani bersama.Alhamdulillah kita mendapat masukkan bagi memerangi sampah dengan benar, terutama untuk lingkungan kampus dan sekitarnya, termasuk bagaimana kita melakukan penghijauan dengan menanam pohon,” katanya.

Sekretaris ALUN Kalsel, Hendra, mengatakan penanganan sampah dengan tata kelola yang baik menjadi salah satu kampanye yang mereka lakukan selama ini di mana-mana termasuk di lingkungan kampus.Karena itulah ALUN Kalsel langsung merespon kegiatan pembekalan bagi anggota Mapala baru di kampus STIMI Banjarmasin yang didalamnya termuat semangat untuk memerangi sampah.

“Kami dari ALUN Kalsel sangat mengapresiasi sekali dengan organisasi Mapala Kampus STIMI Banjarmasin dan Gilmarpala STIE Pencasetia Banjarbaru, solid dan bersatu dalam pembekalan ilmu bagi anggota mapal baru, salah satu muatannya juga adalah sama-sama dalam perspektif menata kelola sampah dengan baik serta perang terhadap sampah. Karena itu kami siap membantu dan bekerjasama mengembangkan bibit mudah di bidang ke olahraga outdoor,” ujar Hendra.

 

Sementara itu Wakil Ketua Kampus STIMI Banjarmasin DR. Prima S.E. M.M, sangat berterima kasih dengan semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan pembekalan bagi calon anggota Mapala Kampus STIMI Banjarmasin.

“Kolaborasi kampus Mapala STIMI di bantu (BEM, UKM) luar kampus ada ALUN Kalsel Mapala Gilmarpala STIE Pancasetia Banjarbaru serta ALUN Kalsel benar-benar memberikan warna bagi organisasi di kampus. Hal ini juga membangkitkan organisasi Mapala yang lama tidak aktif menjadi aktif lagi dan mengeratkan solidaritas silaturahmi sesama organisasi kampus STIMI Banjarmasin,” urai Prima. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!