Alhamdulillah, Banjarmasin Nominator Finalis Bike To Work (B2W) Indonesia 2021

0

Jakarta – Kabar terbaru  dan baik datang dari Jakarta. Kota Banjarmasin masuk dalam nominasi finalis Bike to Work (B2W) Indonesia Award 2021,  sebagai  kota ramah sepeda katagori kota besar. Nominasi ini terungkap dalam pengumuman dari akun resmi b2w_Indonesia.

Dalam pengumuman yang diunggah akun resmi b2w, Banjarmasin bersaing ketat dengan Batam, Mataram, Solo, Denpasar, Kota Jogjakarta, Tangerang Selatan dan Bogor.Belakangan Batam  terpilih sebagai Kota Ramah Sepeda, Program B2W (Bike to Work) Award 2021. Kota ini Menerima Bronze Achievment Kota Ramah Sepeda kategori Kota Besar.

Meskipun begitu untuk mendapatkan nominasi 8 kota besar yang ramah sepeda bukan pekerjaan mudah.Karena selama ini upaya dan kerja keras Pemerintah Kota Banjarmasin, lembaga lainnya termasuk masyarakat tak pernah berhenti, dalam rangka  menciptakan kota yang nyaman dan ramah  sepeda bagi warganya, patut diacungi jempol.

 

Walikota Banjarmasin H.Ibnu Sina, bersama ratusan goweser saat menjajal trek tanjakan lereng Meratus, Loksado, Kandangan.

 

Tak hanya itu strategi lain juga dilakukan oleh Walikota Banjarmasin, H.Ibnu Sina, untuk mengkampanyekan gerakan bersepeda dengan gowes bersama, termasuk gowes keliling perkampungan di Banjarmasin, setiap akhir pekan. Kegiatan gowes Walikota ini pun mendapat antusias tinggi masyarakat. Terbukti setiap Sabtu pagi, kegiatan bersepeda Walikota Ibnu Sina selalu dipenuhi ratusan goweser dari berbagai komunitas termasuk kalangan media.

Tak hanya sekedar berolahraga, kegiatan ini pula sebagai sarana berkunjung ke perkampungan warga sembari mendengar aspirasi dan masukan membangun dari warga yang kampungnya disinggahi Walikota Banjarmasin dan komunitas gowes. warga seluruh OPD berkeliling menyambangi masyarakat. Kegiatan ini rutin dilakukan minimal satu minggu sekali.

Upaya menjamin terpenuhinya keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bersepeda di Kota seribu sungai pun mendapatkan apresiasi dari Komunitas Pekerja Bersepeda atau Bike to Work (B2W) Indonesia. Puncaknya dibawah duet Ibnu Sina dan Airifin Noor, oleh B2W, Banjarmasin ditetapkan  sebagai salah satu nominator B2W Indonesia Award 2021.

“Pemerintah Kota Banjarmasin, berupaya mewujudkan kota yang nyaman bagi para pesepeda, khususnya para komunitas biker juga Bike To Work. Terima kasih juga buat para goweser sejati yang memanfaatkan ruas jalan untuk berbagi dengan pengguna jalan lainnya. Mari wujudkan Kota Banjarmasin yang ramah bagi pesepeda.,” ujar Walikota Banjarmasin H.Ibnu Sina, kepada reporter Economic Travelling.Com, Senin (20/12/2021).

 

 

Masuknya Kota Banjarmasin sebagai nominator kota ramah sepeda untuk katagori kota besar disambut gembira warga Banjarmasin, termasuk para goweser. Bahkan sejumlah komunitas sepeda di kota ini mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Banjarmasin terhadap masyarakat khususnya pengguna sepeda.

Apalagi Pemerintah Kota Banjarmasin menyediakan ruang bagi jalur sepeda di sejumlah kawasan kota.Bahkan penataan jalur khusus sepeda dilakukan di sepanjang Jalan Ahmad Yani, dan Hasan Basri Banjarmasin dan dibiayai oleh APBD Perubahan Kota Banjarmasin.Bahkan ketika puncak Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 Walikota Banjarmasin dan komunitas gowes di Banjarmasin mendeklarasi kota ramah sepeda.

 

 

“Alhamdulillah kami bersyukut, dengan anugerah nominator kota ramah sepeda, kami sangat bangga, karena ini menunjukkan komitmen pemerintah kota dan ISSI serta komunitas goweser membudayakan bersepeda ke kantordalam rangka menjaga kesehatan masyaraakatnya dan juga mengueangi emisi buangan dari asap kendaraan bermotor, semoga Banjarmasin bisa lebih sehat dan menambah berbagai sarana yang diperlukan utk para gowesernya,” ujar Ichrom Muftezar, salah seorang ASN dan goweser sejati Banjarmasin. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!