Wali Kota Banjarmasin Raih Penghargaan Industri Halal Indonesia

0

Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian, Eko SA Cahyanto, menyerahkan tropi penghargaan kepada Sekda Kota Banjarmasin M Ikhsan Budiman, di ICE BSD< Tangerang Banten, Jumat (27/09/2024) kemarin

Menjelang masa akhir jabatannya, prestasi Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina justru  kian bersinar.Berkat kerja keras dan kinerja baiknya, lagi-lagi Wali Kota Banjarmasin dua periode ini mendapat anugerah penghargaan di tingkat nasional.

Setelah membawa sejumlah sekolah di Banjarmasin meraih Adiwiyata Nasional, Ibnu Sina kembali mendapat penghargaan spesial. Kali ini diberikan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sebagai pemimpin Pemerintah Kota Banjarmasin, dia dianugerahi Penghargaan Industri Halal Indonesia Tahun 2024 kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Dukungan Program Halal Terbaik (Best Municipal/Regency Program) pada Indonesia Halal Industry Awards 2024 (IHYA 2024).

Untuk Katagori Dukungan Program Halal Terbaik (Best Halal Program Support) Kementerian memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin dan  Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Penghargaan sendiri diserahkan langsung Menteri perindustrian Agus Gumiwang dan Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian, Eko SA Cahyanto, kepada Sekda Kota Banjarmasin M Ikhsan Budiman, di ICE BSD< Tangerang Banten, Jumat (27/09/2024) kemarin.

“Harapannya melalui Indonesia Halal Industry Awards 2024, akan menjadi langkah bersama memacu pertumbuhan ekosistem industri halal nasional, menaikkan reputasi industri lokal dan meningkatkan daya saing industri nasional di tingkat global,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Banjarmasin sendiri menerima penghargaan pada kategori Best Halal Program Support yaitu penghargaan yang diberikan kepada pemerintah Pemerintah daerah yang memiliki program pemberdayaan industri halal yang berkelanjutan.

 

Sekda Kota Banjarmasin, M Ikhsan Budiman dengan tropi penghargaan.

Sejumlah kreteria pun terpenuhi membuat Kementerian Perindustrian mantap memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin. Mulai aspek perencanaan program, pelaksanaan program serta pengawasan dan evaluasi. Tak hanya itu aspek pemenuhan terhadap Ketentuan Peraturan Perundang maupun Implementasi Keuangan Syariah menjadi indikator yang membuat Kementerian tak raga memilih Pemerintah Kota Banjarmasin untuk diberikan penghargaan spesial.

“Tentunya Pemerintah Kota Banjarmasin merasa sangat bangga dan bersyukur atas Hasil dan capaian yang diraih, Dinas Perdagangan dan Perindustrian.Harapannya tak hanya tahun ini, namun tahun depan dan seterusnya Banjarmasin dapat mempertahankan prestasi ini, tentunya dengan terus melakukan support terhadap program halal yang berkelanjutan,” kata Sekda Kota Banjarmasin M Ikhsan Budiman.

Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin telah menyelenggarakan program pemberdayaan industri halal bagi Industri Kecil Menengah (IKM) yang memang merupakan objek pembinaannya sejak tahun 2017.

Dan  tentunya indikator capaian yang selalu meningkat tiap tahunnya, juga dengan terus menjalin komunikasi dan koordinasi dalam pemberian halal dengan metode self declare.

“Harapannya para pelaku industri memiliki kesadaran dan komitmen untuk segera memproses sertifikasi halal produk produknya, dan Pada Oktober Tahun 2026 merupakan penerapan kewajiban bersertifikat halal bagi produk makanan dan minuman bagi produsen industri kecil,” terang Ichrom M Tezar, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin. (Ridzky Husna).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!