Selamat,Banjarmasin Raih Lagi Penghargaan Nirwasita Tantra

0

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, di Jakarta. (Foto-Prokom Banjarmasin).

Pemerintah Kota Banjarmasin serius menciptakan kebersihan dan kualitas lingkungan yang baik. Setidaknya kinerja pemerintahan Ibnu Sina dan Arifin Noor membuktikan komitmen kuat tersebut.

Hal ini diperkuat dengan apresiasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dan penghujung masa jabatan duet pemerintahan dengan tagline Baiman 2, Bumi Kayuh Baimbai dinobatkan sebagai daerah perkotaan yang berhak mendapatkan Penghargaan Green Leadership, Nirwasita Tantra, tahun 2023.

Penghargaan ini pun menjadi kado istimewa bagi Banjarmasin yang dalam hitungan hari berusia ke-498 ulang tahun.Penghargaan bergengsi ini diterima Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina melalui Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, di Jakarta, Rabu (18/09/2024).

Dan kebahagiaan itu semakin lengkap, setelah DPRD Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan serupa, atas sinerginya dengan Pemerintah Kota Banjarmasin. Penghargaan tersebut diterimakan dari Ketua Sementara DPRD Kota Banjarmasin H Rudy Heriyadi.

“Anggota dewan atau pejabat legislatif dan pejabat yudikatif eksekutif itu sebetulnya menjadi jembatan antara rakyat dengan negara melalui pemerintah. Jadi kedua Lembaga ini sudah klop maka itu yang terbaik,” ujar Siti Nubaya saat memberikan sambutan di Auditorium Dr Ir Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta.

Siti Nurbaya menegaskan pula penghargaan kepada DPRD itu karena dari Lembaga tersebutlah muncul berbagai regulasi yang mendukung kegiatan pemerintah daerah terutama dalam hal kebersihan dan lingkungan hidup.

Menteri Siti Nurbaya Bakar mengatakan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD, atas keberhasilannya dalam menerapkan kebijakan dan program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Penghargaan ini, bebernya lagi, ini dinilai berdasarkan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun sebelumnya.

“Sejak tahun 2017 dokumen ini dipertandingkan untuk memperoleh penghargaan NIRWASITA TANTRA, sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup,” tambahnya lagi.

 

dari Ketua Sementara DPRD Kota Banjarmasin H Rudy Heriyadi.menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, di Jakarta.

Sekda Kota Banjarmasin, H Ikhsan Budiman, mengatakan, penghargaan ini diberikan pemerintah pusat setelah menilai visi pemimpin Kota Banjarmasin dan DPRD Kota Banjarmasin yang berpihak pada pelestarian lingkungan, baik secara kebijakan maupun dalam implementasi di lapangan.

“Ini membuktikan bahwa adanya sinergisitas antara pemerintah Kota Banjarmasin dan DPRD dalam hal penyamaan visi kearah pembangunan hijau di Kota Banjarmasin baik itu dalam bentuk kegiatan maupun beberapa regulasi,” katanya.

Pria yang akrab disapa Pak Ikhsan ini berharap, capaian hasil pembangunaan ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi, hingga Kota Banjarmasin tak hanya mendapatkan penghargaan berbentuk monumental saja tetapi juga bisa berbentuk dana insentif daerah.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024, H Harry Wijaya. Menurutnya, capaian yang telah diterima ini bisa terus dipertahankan di tahun-tahun selanjutnya.

“Saya ucapkan terima kasih dan saya turut berbangga karena Kota Banjarmasin berhasil  mendapat penghargaan ini, ini menjadi tantangan kita ke depannya. Saya berharap ditahun tahun selanjutnya jangan sampai lepas penghargaan ini,” ujar Harry Wijaya.

Merujuk data  sejak tahun 2022, Kota Banjarmasin telah menerima piagam penghargaan Nirwasita Tantra sebagai Terbaik V kriteria Pemerintahan Daerah Kategori Kota Besar.

Kemudian di tahun 2023, juga mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra, kategori sebagai entitas Pemerintahan kategori Kota Besar, terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2022.

Penghargaannya yang diterima saat itu, berbentuk trofi Green Leadership untuk DPRD kategori Kota Besar Kota Banjarmasin, dan piagam penghargaan Nirwasita Tantra kepada DPRD Kota Banjarmasin sebagai DPRD kategori Kota Besar Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah tahun 2022.

Tahun 2024 ini, Kota Banjarmasin Kembali mendapatkan penghargaan Green Leadership ‘Nirwasita Tantra’ Tahun 2023, untuk Kepala Daerah Tingkat Kota kategori Kota Sedang kepada Wali Kota Banjarmasin, dan penghargaan Green Leadership, Nirwasita Tantra,  tahun 2023 untuk Pimpinan DPRD Tingkat Kota kategori Kota Sedang.(Ridzky Husna/Adv).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!