Paman Birin Optimis Kalsel  Bisa Selesaikan Target  Vaksinasi

0

Banjarbaru – Indonesia mengejar target vaksinasi 70 persen masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2021.Terbaru seperti yang dilansir laman Sekretaris Kabinet Republik Indonesia (setkab.go.id) cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 200 juta dosis.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro menyampaikan, fakta itu menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan capaian baik sekaligus kontribusi Indonesia dalam pengendalian COVID-19 di dunia. Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras bersama seluruh komponen bangsa Indonesia.

“ Pertanggal  5 November 2021, per 12.00 WIB, Indonesia sudah mencatat 204.913.735 suntikan dosis yang diberikan kepada lebih dari setengah sasaran vaksinasinya,” jelas Reisa dalam siaran persnya, Jumat (05/11/2021).

Dalam keterangan yang disampaikan tersebut jumlah suntikan vaksin tersebut juga termasuk dari upaya kemitraan pemerintah dan swasta dalam bentuk Vaksin Gotong Royong yang sudah mencapai 2,2 juta suntikan per 5 November 2021.

Pencapaian Indonesia tersebut berarti bahwa Indonesia telah melewati target yang telah ditetapkan oleh WHO dan tengah berada dalam arah yang sesuai menuju milestone selanjutnya. Capaian tersebut juga membawa Indonesia ke dalam lima negara dengan jumlah suntikan tertinggi bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang yang sekaligus berkontribusi dalam memvaksinasi hampir setengah penduduk dunia.

 

Spirit Dari Seorang Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor saat meninjau Vaksinasi ke sejumlah sekolah di Banjarbaru dan Banjarmasin. (Foto Biro Adpim Pemprov Kalsel).

 

Bagaimana dengan Kalimantan Selatan ?  berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang tercatat sistem sebesar 44,4 persen, maka catatan manualnya saat ini justru lebih dari 45 persen. Upaya akselerasi akan terus dilakukan, salah satunya melalui program Vaksinasi Bergerak.

Adapun akselerasi vaksinasi di Kalsel terus dilakukan demi mencapai target 70 persen di akhir tahun. Menggembirakan, ternyata begitu usai aksi Turdes Vaksinasi Bergerak di lingkup 13 kabupaten kota, Oktober 2021 lalu, capaian vaksinasi dosis pertama tercatat sudah sebesar 36,11 persen

Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor atau Paman Birin optimis, sasaran 70 persen di akhir tahun yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, bisa dicapai dengan kerja sama dan kolaborasi yang baik.

“ Harapan besar kita dengan  kolaborasi yang terbangun antar komponen tetap kokoh. Target nya capaian vaksinasi di Kalsel hingga akhir Desember 2021 sebesar 70 persen,” ujar Paman Birin, di sela-sela peninjauan Vaksinasi di SMA Negeri 2 Banjarbaru, Senin (08/11/2021).

Dalam kunjungan khususnya ke SMA Negeri 2 Banjarbaru  dan SMA Negeri 4 Banjarmasin, Paman Birin yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kalsel HM Muslim dan Kepala Dinas Pendidikan Kalsel Muhammad Yusuf Effendy, meminta semua pihak untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam situasi apa pun, termasuk pandemi yang sudah melandai.

 

Gubernur Kalsel H.Sahbirin mengajak seluruh masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan guna menumbuhkan ketahanan kesehatan.(Foto Biro Adpim Pemprov Kalsel).

 

“Dengan disebarnya vaksinasi, maka Covid-19 semakin melandai. Tetapi jangan lengah! Kita harus tetap waspada, tetap terapkan 5M,” pesan Paman Birin.

Di SMA Negeri 2 Banjarbaru sendiri kedatangan Paman Birin sendiri disambut sukacita ratusan siswa  dan dewan guru yang mengikuti prosesi vaksinasi. Kehadiran Gubernur Kalsel ke sekolah mereka menambah semangat para siswa yang tengah vaksinasi tahapan dosis kedua di Ruang MGMP SMAN 2 Banjarbaru.

Paman Birin diakhir kunjungannya ,seiring upaya percepatan vaksinasi , ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan guna menumbuhkan ketahanan kesehatan. Salah satu yang terpenting adalah tetap memakai masker, sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dalam hidup berdampingan dengan Covid-19. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version