Prosesi Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-79 Republik Indonesia di halaman Balai Kota Banjarmasin. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Rangkaian Upacara Pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024, Sabtu (17/08/2024),di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin berjalan sukses dan khidmat.

Dua rangkaian ini memberikan sejarah manis bagi Banjarmasin di tahun terakhir duet kepemimpinan Ibnu Sina dan Arifin Noor.Pagi harinya dipimpin Wali Kota Banjarmasin prosesi upacara pengibaran bendera merah putih yang yang dipusatkan di halaman Balai Kota Banjarmasin berlangsung lancar.

Dengan berpakaian adat Banjar Wali Kota Banjarmasin terlihat gagah memimpin prosesi upacara yang dihadiri ribuan undangan dengan mengenakan busana adat yang berbeda.Hal ini tidak kalah dengan kegiatan serupa yang dipimpin Presiden Jokowi di Ibukota Nusantara, dengan waktu yang sama.

Dalam momen ini Ibnu Sina menekankan penting menjaga dan merawat persatuan dalam keberagaman. Dia pun menganalogi makna kemerdekaan dan persatuan dengan pakaian adat yang dikenakan.“Ini adalah simbol kebersamaan dan persaudaraan masyarakat di Banjarmasin yang hidup harmonis, serta menjunjung semangat Bhinneka Tunggal Eka. Semarak hari Kemerdekaan ini diwarnai dengan kita semua mengenakan pakaian adat, yang mencerminkan berbeda-berbeda namun satu jua,” katanya kepada awak media.

Ibnu Sina menegaskan kemerdekaan sesungguhnya bukan tentang menyeragamkan, tetapi tentang bagaimana bisa bersatu dalam perbedaan. Spirit yang sama ada di Banjarmasin, kota yang bakal merayakan ulang tahunnya yang ke-498 di bulan September 2024.

 

Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor memberikan hormat saat prosesi penurunan bendera merah putih. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Sementara itu seperti halnya prosesi pagi hari, momen sore pun berlangsung sukses dan lancar.Hingga membuat Wakil Wali Kota Arifin Noor menyampaikan apresiasi dan rasa bangga nya kepada adik adik pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kota Banjarmasin yang berhasil menunaikan tugasnya dengan baik.

“Alhamdulillah, anak anak Paskibraka kita dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Kepada seluruh jajaran TNI, Polri, para pelatih, juga Kesbangpol yang telah menjalankan amanat dengan baik sehingga baik penaikan maupun penurunan bendera berjalan dengan sukses,” ujarnya.

Menurut Arifin momen perayaan HUT RI pada tahun ini terasa lebih spesial dengan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diyakini sebagai simbol kesatuan dan persatuan bagi masa depan bangsa. Ia pun berpesan, kepada generasi muda agar dapat memaknai arti pentingnya perjuangan dalam semangat kemerdekaan.

“Mudah-mudahan kita terus berjuang untuk bisa menggerakkan generasi muda kita yang cinta kepada tanah air, cinta kepada bendera merah putih. Sehingga dalam rangka menyongsong IKN, apalagi sudah terjadi proklamasi kemerdekaan RI juga di Ibu kota yang baru, tentu ini merupakan sukses kita untuk mendukung anak-anak generasi muda kita untuk menuju Indonesia Emas 2045,” harapnya lagi.

Upacara penurunan dihadiri Sekretaris Daerah, Ikhsan Budiman, unsur Forkopimda, SKPD, Camat, Lurah di lingkup pemerintah kota Banjarmasin serta lapisan masyarakat yang turut antusias menyaksikan.(M.Irfani).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!