Helmi Rifai, Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin Yang Peduli UMKM

0

Pemimpin Banjarmasin Harus Memberikan Manfaat Untuk Warganya

Nada bicaranya kalem dan narasinya teratur, senyum ramah menemani keseharian pria bernama Helmi Rifai SH. Bagi sebagian orang dia dikenal sosok sederhana dan bersahaja.Potret lain sisi kehidupan pria jebolan Fakultas Hukum ULM Banjarmasin, adalah blusukan ke kampung-kampung sejak masih kuliah hingga kini.

Helmi Rifai boleh dikata sosok anak muda apa adanya, namun dalam setahun terakhir menjadi buah bibir masyarakat Banua. Itu setelah dirinya secara terbuka menyatakan mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Banjarmasin. Helmi  ini  dinilai sebagai tokoh muda yang berani tampil terbuka, di saat sejumlah kandidat lainnya masih malu-malu.

Julukan The Rising Star memang pantas disematkan bagi pria yang hobbu travelling dan berburu kuliner nusantara. Karena debutnya yang cukup bagus memasuki gelanggang panas perpolitikan Banua. Dan pada Pemilihan Legislatif dia memberikan pembuktian jika sosok yang dikenal dengan sebutan Caleg Pian, salah satu tokoh muda yang cukup diperhitungkan. Dalam pentas itu Helmi Rifai mampu memberikan perlawanan dengan perolehan suara yang lumayan baik sebagai pendatang baru. Meskipun belum sampai menuju kursi parlemen, ia legowo dan tetap mendukung calon terpilih untuk membangun Banua lewat perannya di legislatif.

 

Helmi Rifai pernah merasakan sengitnya persaingan menuju parlemen di Pileg 2024 barusan.

 

Terhenti di jalur parlemen, bukan Helmi namanya kalau menyerah. Ia pun akhirnya melabuhkan jangkar pilihan untuk berkompetisi di kasta tertinggi lainnya, Pilkada Serentak 2024.

Tanpa ragu pria yang pernah menjadi Direktur di sejumlah perusahaan daerah dan kelistrikan ini, membidik Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin. Helmi pun tahu diri dengan posisinya yang baru dan memantapkan hati mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin.

Guna memuluskan langkahnya Helmi pun berikhtiar menjalani tahapan demi tahapan pada ajang kontenstasi ini.. Dirinya pun melamar ke sejumlah partai politik, termasuk partai Golkar untuk harapannya sebagai orang kedua memimpin kota Banjarmasin, pasca berakhirnya kepemimpinan Baiman 2 (Ibnu Sina dan Arifin Noor).

“Alhamdulillah, ulun didorong keluarga dan masyarakat serta pendukung lainnya untuk maju sebagai Wakil Wali Kota Banjarmasin. Tentu dukungan ini ulun wujudkan dengan mengikuti tahapan-tahapan.Mudahan saja langkah ulun dimudahkan dan mendapat Ridho Allah SWT. Mohon doa dan dukungan pian sabarataan jua,”  ucapnya saat berbincang santai dengan sejumlah media di Banjarmasin, Rabu (27/06/2024).

 

Momen libur sekolah dimanfaatkan Helmi Rifai bersama keluarga liburan ke alam terbuka, salah satunya menikmati keseruan Bamboe Rafting di Loksado, Kandangan.

Helmi pun bertutur alasan lain mengapa dirinya maju dalam kontestasi politik Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin. Karena semata-mata ingin mengabdi dan berbuat baik untuk kota Banjarmasin.

Niatnya semata-mata ingin membawa Banjarmasin kelak menjadi kota maju berperadaban dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat Banjarmasin. Ia mengaku ingin berbuat sesuat terbaik untuk daerah kelahirannya.

“Namun niat ulun adalah ingin mendorong kesejahteraan masyarakat yang semakin baik.Salah satu yang selalu dan tiada henti kita dukung dan dorong adalah kawan-kawan yang berada di sektor UMKM. Terlebih bagi UMKM yang begitu care mengangkat kearifan lokal di Banua dan Banjarmasin,” tutur pria yang memiliki sejumlah usaha telah mengantar dirinya sebagai salah satu anak muda yang sukses meniti karir dalam bisnis.

 

Kawan Sarantang-Saruntng menjadi bagian kehidupan membangun tali persaudaraan dengan siapa pun. Helmi berdiskusi ringan dengan kawan sarantang-saruntung, Joni Susantao.

Helmi pun tak mau berandai-andai, namun dia membawa mimpi terbaiknya kelak, ketika bisa berada dalam pemerintahan Banjarmasin kelak, dirinya akan fokus kepada sektor UMKM. Menurutnya meskipun pemerintah memberi kesempatan yang merata bagi kalangan pelaku ekonomi, perhatian utama pemerintah harus lebih diarahkan kepada pengembangan sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

“Karena UKM itu sudah membuktikan relatif dapat bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi. UKM merupakan asset ekonomi daerah yang harus diperhatikan serius. Dan merupakan napas perekonomian secara menyeluruh,” ucapnya lagi sembari menyeruput kopi Kalimantan yang masih hangat dan segar.

Helmi pun tanpa ragu menyebut kalau UMK itu memberikan warna tersendiri, khususnya dalam kaitan semangat kerja yg tinggi dan terus menerus dalam membangun semangat kegotong-royongan.Inilah yang akan dia wujudkan jika suatu saat terpilih menjadi pemimpin daerah.

“Tentu saja, untk menghindari kesenjangan antara pelaku ekonomi, usaha lemah, terutama usaha kecil dan koperasi yang sebagian besar masih berada dalam pinggiran, harus diberi proritas dan harus memperoleh dukungan dan perlindungan dalam mengembangkan usaha nya agar dapat mandiri dan menjalin kemitraan dengan usaha besar dan menengah,”tegas Ketua Persatuan Kontraktor Listrik Nasional (Paklina) Kalsel.

 

Helmi Rifai terus menjalin silaturahmi dengan siapa pun, termasuk dengan Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin di lebaran Idhul Adha.

Saat berbicara lebih jauh soal UKM dan usaha kecil-kecilan masyarakat, Helmi pun langsung menguraikan langkah-langkah strategis. Karena itu menurutnya jika program terbaik pemerintahan terdahulu berhasil, maka harus dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya dengan mengkombinasikan program sang pemimpin baru tersebut.

Pria yang pernah menjabat posisi penting di perusahaan daerah pun menjabarkan Kebijakan dasar pengembangan usaha kecil dan menengah, yang sekurang-kurang harus memuaat kebijakan yang pro rakyat dan harus berkesinambungan.

“Misalnya pemberian preferensi kepada usaha kecil dan menengah dalam mengikuti semua tender-tender pemerintah dan akses yg mudah kepada sumber-sumber pembiayaan dan perizinan usaha. Dan terpenting pemerintah perlu mendirikan lebih banyak lembaga-lembaga pembiayaan usaha kecil dan menengah. Sebagai dukungan pembiayaan kepada usaha kecil dan menengah tersebut,” bebernya dalam diskusi ringan bersama media.

Helmi pun berharap Usaha kecil dan menengah dibina oleh negara dengan pembinaan yg proaktif dan edukatif. Dia pun mengapresiasi program pemerintahan Ibnu Sina yang mendorong UMKM tumbuh dengan baik dan ada kemunculan ribuan wirausaha muda di Banjarmasin.

“Karena itu ulun berharap program baik dan pro kerakyatan yang sudah ada dilanjutkan dalam pemerintahan baru. Insya Allah jika masyarakat memberikan kepercayaan dan amanah suatu, maka inilah fokus ulun bersama Wali Kota Banjarmasin yang baru. Karena itu jika ada langkah terbaik Insya Allah akan dimudahkan Alllah. Ulun mohon doa dan dukungannya,” katanya.

“Do something today that your future self will thank you for.” – begitu kata Sean Patrick Flanery ( The Young Indiana Jones ) yang menjadi inspirasi seorang Helmi untuk Bergerak, Berbuat dan Bermanfaat. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!