Pemandu Wisata Legend Banjarmasin Berjuang Untuk Sembuh

0

Salah satu turis mancanegara yang berkunjung ke Kalsel dipandu Thailah "Alex"

Nama Thailah memang tak sepopuler selebiriti dan tokoh penting di Banua dan Indonesia. Namun sosok berpenampilan sedeharna dan bersahaja ini justru  populer, di kalangan turis mancanegara yang pernah singgah ke Banua.

 Pria yang akrab disapa Alex atau Alexa adalah salah satu Pemandu Wisata atau Tour Guide Legend Banua. Kiprahnya malang melintang sebagai Guide memberikan warna bagi wajah industri pariwisata di Banua.

Karena hampir empatpuluh tahun lebih lamanya dirinya mengabdikan diri sebagai seorang pemandu wisata bagi turis mancanegara terutama turis backpacker. Tak heran bule-bule yang senang jalan kaki dan menelusuri destinasi wisata berbasis alam, culture dan riset, memilih dia untuk menjadi teman pemandu dan perjalanan mereka.

Untuk memudahkan komunikasi dan informasi seputar pariwisata Kalsel, Alek pun membuka Counter Tourism Information. Dengan wadah yang tak begitu luas di kawasan Kota Lama Banjarmasin, counter ini menjadi sarana penghubung dirinya dengan dunia luar (khusus turis mancanegara) maupun berinteraksi sesama pemandu wisata di Kalsel. Alex sendiri adalah anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Kalsel.

“Beliau itu legend dan menginspirasi siapa saja. Pembawaannya sederhana namun dibalik itu beliau Guide yang memiliki wawasan luas dan penguasaan bahasa asingnya luar biasa. Memang selama ini Om Alex luput dari perhatian kita semua, karena dia memang apa adanya dalam kesehariannya,” terang Khuzaimi, mantan Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisa Kota Banjarmasin.

 

Selama 40 tahun lebih Alex mendedikasikan diri untuk memajukan pariwisata Kalsel lewat perannya sebagai Tour Guide Profesional yang mandiri.

Di kalangan Tour Guide atau Pramuwisata, Alex memang lebih suka tampil apa adanya dengan jeans lusuh dan oblong putih bergambarkan pulau Borneo. Uniknya kaos oblong selalu dikenakan setiap hari dengan warna putih yang sama. Maklum saja dia sangat menyukai warna putih. Dan ternyata  kaos tersebut dicetaknya banyak, untuk keperluan dirinya memandu wisata.

“Sederhana itu adalah sebuah kepribadian dan apa adanya bagian dari kehidupan sehari-hari kami.Yang penting bisa melayani turis kita yang ingin tahu informasi wisata serta hal-hal berkaitan sebuah destinasi yang dikunjunginya. Minimal kita harus memiliki kemampuan story telling yang bagus,” kata Thailah saat bertemu awak media beberapa saat lalu, di kawasan Kota Lama Banjarmasin.

Namun dalam tiga bulan terakhir sosok yang satu ini tidak terlihat beraktivitas di seputaran kota Banjarmasin. Sebagian warga termasuk kalangan Jurnalis, sempat bertanya-tanya kemana sosok Tour Guide yang suka jalan kaki membawa turis keliling Banjarmasin dan sejumlah destinasi wisata di Kalsel, berada.

Belakangan beredar kabar berantai dari WA salah seorang pemandu wisata, Thailah atau Alex tengah terbaring sakit. “Mohon doannya untuk kesembuhan sahabat kita Thailah atau Alex, salah satu Tour Guide Legend Banjarmasin”. Ternyata Pemandu Wisata Legenda ini, tengah menjalani opname di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin.

 

Thailah “Alexa” kini terbaring lemah menjalani perawatan opname di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin.

 

Kabar sakitnya Thailah juga sampai ke telinga Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Dia pun langsung mendoakan untuk kesembuhan dan pulihnya pemandu wisata yang dikenal mandiri dan tangguh wisata mengenalkan Banjarmasin.

“Kami mendoakan semoga Om Thailah atau Alex cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali. Masyarakat Banjarmasin juga  mendoakan untuk kesembuhan beliau. Karena beliau salah satu dari sekian pemandu wisata banyak berjasa mengenalkan wisata Banjarmasin ke mancanegara,” ujar Ibnu Sina.

Ibnu Sina berharap Thailah tetap mengikuti saran dokter untuk menjalani perawatan sebaik mungkin untuk kesembuhannya dengan cepat. Karena itulah “Alex” diminta untuk beristirahat untuk pemulihan kesehatan.

“Banjarmasin selalu merindukan sosok Alex untuk memandu wisata para turis mancanegara. Tetap semangat dan jaga kesehatan,ya” pesan Wali kota Banjarmasin.

Selain Wali Kota Banjarmasin, berbagai kalangan pun turut mendoakan kesembuhan Alex.Mereka pun berharap Alek mampu bangkit kembali dan pulih dan beraktivitas seperti sedia kala.

“Semoga beliau cepat sembuh ya. Pantes ai kadada kelihatan lagi di kawasan Lambung Mangkurat dan Kota Lama Banjarmasin, eh ternyata beliau sakit. Cepat pulih ya Om Alex, sosok yang baik dan menginspirasi kami semua,” ujar Mega,salah satu Jurnalis yang mengagumi dedikasi Thailah memajukan pariwisata daerah. (M.Irfani-Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!