Awas Jangan Tertinggal Rombongan Saat di Tanah Suci

0

Kehadiran Wali Kota Banjarmasin menjadi spirit calon jamaah haji Kota Banjarmasin. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Ini Pesan Ibnu Sina Untuk  Calon Haji Kota Banjarmasin

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, meminta calon jamaah haji untuk memahami secara mendalam prosedur dan tata cara pelaksanaan ibadah haji .Pesan penting disampaikan agar saat menjalankan ibadah haji di tanah suci prosesinya bisa lancar dan mudah.

“Ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan agar tidak bingung saat melaksanakan ibadah haji. Penting untuk berilmu sebelum beramal, agar bisa memahami rukun, syarat, wajib, dan sunnahnya,” ujar Ibnu Sina saat membuka bimbingan Manasik rombongan Haji kota Banjarmasin tahun 2024, di  Ballroom Hotel Nasa, Banjarmasin, Kamis (18/04/24).

Dihadapan 578 calon jamaah haji, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menekankan pentingnya memahami secara mendalam prosedur dan tata cara pelaksanaan ibadah haji. Hal ini agar bisa mempersiapkan diri dengan matang sehinga ibadah di tanah suci lancar dan bermakna.

“Contoh situasi yang mungkin dialami jamaah selama pelaksanaan ibadah haji, seperti tertinggal rombongan atau kebingungan dalam menjalankan ibadah tertentu,” pesannya mengingatkan.

Di satu sisi hal penting lainnya adalah soal kesiapan fisik, terutama bagi jamaah yang rentan, seperti lansia. Resiko tinggi perlu diawasi oleh petugas haji, ada yang mengawal yang bersangkutan.

“Tadi ada calon haji yang sudah 90 tahun, tapi masih bisa jalan dan ada juga usia 85 tahun menggunakan kursi roda, ini perlu juga pengawsan petugas haji,” ucapnya lagi.

 

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina memberikan arahan kepada calon Jamaah Haji kota Banjarmasin yang mengikuti Manasik Haji.(Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Wali Kota Banjarmasin pun berharap melalui pembekalan Manasik Haji ini, jamaah asal Banjarmasin mendapatkan ilmu yang cukup dan bisa memahami langkah dan prosedur yang diikuti dengan baik.

“Semoga ibadah haji menjadi mabrur dan membawa berkah bagi masyarakat Kota Banjarmasin,” harapnya.

Selain ajang persiapan teknis bagi jamaah,  manasik haji itu juga menjadi momen untuk mempererat persaudaraan dan meningkatkan kesadaran spiritual sebelum menjalani ibadah haji yang dianggap sebagai salah satu rukun Islam yang paling penting.

Data Kementerian Agama Kota Banjarmasin menyebutkan calon jamaah haji kota Banjarmasin reguler berjumlah 578 Jamaah. Usia termuda jamaah calon haji reguler kota Banjarmasin yaitu 18 tahun dan  usia tertua 90 tahun.(Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!