Komsos Membangun Komunikasi Terbaik Babinsa Koramil dan Masyarakat

0

Penuh Keakraban pertemuan informal Sertu Marthonius.Babinsa Koramil Banjarmasin Timur dengan warga. (Foto-Pendim Banjarmasin).

Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu media Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mengenal warga binaannya lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi agar lebih dekat dengan warga masyarakat.

Seperti halnya kali ini, dilakukan Sertu Marthonius.Babinsa Koramil Banjarmasin Timur menggelar Komsus dengan dengan warga binaannya di jl.Pangeran Hidayatullah  Rt 15 Rw 01 Kelurahan Benua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur Rabu, (31/01/24).

Kegiatan Komsos ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan warga binaan, memperkuat keamanan, dan memantau perkembangan di masyarakat.

Sekedar diketahui Babinsa adalah pelaksana Danramil, Danposal, dan Danposal dalam melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di Pedesaan.

Menurut Marthonius, Komsos merupakan bagian dari tugas seorang Babinsa untuk menjalin komunikasi yang baik dengan warga binaan. Kegiatan ini juga membantu dalam pemahaman kondisi dan perkembangan di masyarakat.

“Kami berharap dan meminta masyarakat khususnya warga Banjarmasin Timur untuk turut serta mewujudkan kegiatan yang bermanfaat bersama-sama antara TNI dengan  Warga untuk menumbuhkan Nilai-nilai Nasionalisme persatuan dan kesatuan,” katanya.

Marhonius juga mengungkapkan Komsus sendiri sekadar pertemuan formal, melainkan sebuah langkah inovatif dalam membangun keterlibatan positif antara aparat teritorial dan masyarakat. Aksi ini semakin membuktikan bahwa kehadiran TNI AD tidak hanya sebagai pengaman, tetapi juga mitra dalam membangun kehidupan bersama yang lebih baik.

”Dengan komsos yang rutin seorang Babinsa dapat lebih cepat mengetahui situasi terkini di wilayah binaan dan dapat mengambil tindakan deteksi dini serta cegah dini,” tambahnya lagi.

Kegiatan ini juga sambungnya,  mencerminkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, khususnya Babinsa kepada masyarakat wilayah binaannya, yang bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara Babinsa dengan masyarakat. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!