Januari Terbaik, Banjarmasin Jadi Kota Toleransi Terbaik

0

Penghargaan paling spesial di penghujung Januari 2024 ini diterima langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dari Ketua Badan Pengurus Setara Institute for Democracy and Place, Dr Ismail Hasani, SH MH, di Candi Singasari Ballroom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (30/01/2024).(Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

Jakarta – Catatan manis di awal tahun 2024, ternyata Banjarmasin salah satu kota toleran terbaik di tahun 2023. Pengakuan ini diberikan Setara Institute for Democracy and Place, yang merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di Indonesia yang melakukan penelitian dan advokasi tentang demokrasi, kebebasan politik dan hak asasi manusia.

Setara Institute for Democracy and Place memberikan penghargaan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023 kepada Pemerintah Kota Banjarmasin.

Penghargaan IKT kategori Kebijakan Toleran Terbaik tahun 2023 tersebut diberikan kepada pemerintah kota berjuluk seribu sungai ini lantaran dari hasil pengukuran yang telah dilakukan institute tersebut, Kota Banjarmasin dinilai berhasil  dalam penyelenggaraan toleransi kehidupan bermasyarakat.

“Setara Institute telah menyelesaikan penyusunan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023, dimana pengukuran ini sebagai upaya kolektif dalam pengukuran pemajuan toleransi secara continue di 94 kota,” ujar Ismail Hasani dalam keterangan resminya.

Tak hanya itu menurut Ismail Hasani, berdasarkan fakta pendukung lainnya Pemerintah Kota Banjarmasin sangat peduli dengan toleransi kehidupan bermasyarakat adalah dengan diterbitkannya Perda Kota Banjarmasin Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat.

Penghargaan paling spesial di penghujung Januari 2024 ini diterima langsung Wali Kota  Banjarmasin H Ibnu Sina dari Ketua Badan Pengurus Setara Institute for Democracy and Place, Dr Ismail Hasani, SH MH, di Candi Singasari Ballroom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (30/01/2024).

 

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Zulfaesal Putera, Kabid Kebudayaan Disbudporapar Kota Banjarmasin.(Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina sangat mengapresiasi penyelenggaraan pengukuran pemajuan toleransi secara continue di 94 kota di Indonesia tersebut.

“Adanya pengukuran dengan penilaian ini membuktikan bahwa pemerintah dan masyarakat Bumi Kayuh Baimbai selalu menghormati dan menghargai perbedaan agama atau keyakinan yang dianut orang atau kelompok, kemudian menghormati dan menghargai perbedaan suku dan budaya yang ada dalam masyarakat, serta menghargai hak dan kewajiban dan kehidupan bermasyarakat,” kata Ibnu Sina.

Ibnu Sina juga berterima kasih banyak dengan dukungan warga Banjarmasin dalam menciptakan keharmonisan berkehidupan di Kota Seribu Sungai. Melihat nilai indeks pengukuran tersebut terjadi peningkatan yang baik bagi kota Banjarmasin, dari posisi 70 melambung ke deretan 13 besar nasional.

“Alhamdulillah dan terima kasih atas dukungan warga kota Banjarmasin sehingga kita bisa mendapat predikat terbaik dalam penyelenggaraan toleransi kehidupan bermasyarakat.Terima kasih banyak atas spirit warga Banjarmasin yang rukun aman damai.Mari kita jaga kedamaian, karena kita juga punya FKUB (Forum Kerukungan Umat Beragama), Forum Berkebangsaan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, sekali lagi terima kasih,” ucapnya. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version