Kampung Nelayan Kotabaru, Sorga Baru Diving Bawah Laut

0

Tim Operator Wisata Kampung Nelayan Kotabaru dibawah binaan PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru.

 

Wisata Diving di akhir pekan tak mesti jauh-jauh ke Wakatobi, Pulau Derawan, Pulau Weh Aceh, Raja Ampat Papua atau Taman Laut Bunaken.Karena di Kalsel wisata diving bisa dinikmati di Kampung Nelayan Kotabaru, yang dikenal sebagai sorga baru diving bawah laut.

Kotabaru sendiri tengah mengembangkan konsep Sport Tourism, termasuk wisata minat khusus,menyelam, yang dinanti para wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut. Nah salah satu yang nyaman untuk wisata menyelam tersebut ada d Kampung Nelayan, Sarang Tiung, Pulau Laut Sigam, Kotabaru.

Wisata bawah laut (Snorkeling dan Diving) dikembangkan masyarakat setempat dalam satu komunitas “Sahabat Laut”.Hingga saat pengelolaan wisata berjalan dan diperkuat tenaga operator wisata yang berlisensi Profesional dan sertified.

Sebagai catatan para operator wisata ini memiliki sertifikasi menyelam A1 (Open Water Scuba Diving )dan A2 (Advanced Scuba Diving).Rencananya ditahun 2024 digenjot menuju untuk A3 (Rescue Scuba Diving) dan A4 (Master Scuba Diving) dibawah instruktur adalah POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) CMAS.

“Ini merupakan komitmen kami, pengelola wisata minat khusus menyelam, di Kampung Nelayan, Sarang Tiung, dalam memberikan rasa  aman dan nyaman selama berwisata diving dan snorkling disini.Dan kami pun juga dibina langsung PT Arutmin Indonesia, NPLCT,” terang Bahtiar, salah satu tokoh pemuda Sarang Tiung, kepada awak media, Kamis (20/12/2023).

 

Wisata Minat Khusus Menyelam, kini bisa dilakukan diperairan Kotabaru.

Selain menikmati sejuknya perairan Kotabaru, wisatawan bisa melihat keindahan tersembunyi dari bawah laut.Mereka bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana keindahan terumbu karang, yang tetap terjaga dengan baik.

“Wisatawan sudah pasti akan terbuai saat melihat warna warni terumbu karang, ikan-ikan berseliweran, dan ekosistem lain di bawahnya. Airnya yang jernih juga menjadi perpaduan lengkap keindahan tersebut,” terang Bahtiar sembari mempersiapkan peralatan menyelam untuk wisatawan.

Untuk lokasi snorkeling dan diving dekat dengan pesisir laut, mudah untuk di jangkau. Saat ini lokasi  yang nyaman ada di depan perairan Arutmin NPLCT. Terlebih disana ada objek wisata pemecah laut, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi penyelam.

Siap siaganya  tenaga operator wisata menyelam yang profesional dan sertified menjadi jaminan tersendiri sebuah wisata minat khusus di Kotabaru, tidak terlepas dari Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru. Koorporasi ini terus mendorong peningkatan kapasitas pelaku pariwisata, terutama wisata menyelam.

“Ini adalah bagi dari Arutmin terus mencetak operator wisata menjadi profesional di Destinasi Wisata Kampung Nelayan. Ini semakin menegaskan kalau wisata minat khusus disini ditangani orang-orang profesional yang mendampingi wisatawan untuk menyelam,” ungkap Superintendent CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT Eko Pribadi.

Keberadaan tenaga operator wisata minat khusus sendiri menurut Eko diharapkan wisatawan semakin confidence dengan standar pelayanan Wisata Kampung Nelayan.

“Nah wisata yang ingin merasakan sensasi menyelam pada malam hari, tenaga-tenaga yang profesional dan ekspert ini siap melayani. Tentu ini akan menjadi liburan menyenangkan sembali wisata diving di malam hari,” ujarnya.

Kampung Nelayan sendiri adalah salah satu bagian dari rute-rute destinasi wisata Kotabaru. Di Pulau Laut Sigam, tepatnya di Desa Gedambaan juga tengah dikembangkan agrowisata setetes air.Hampir setiap hari selain Kampung Nelayan, agrowisata ini dipenuhi pengunjung yang ingin melihat dari dekat kebun-kebun buah dan sayuran yang terhampar di lembah pegunungan Bamega.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version