Menparekraf Jogging 8 Km Ke Air Terjun Piala di Banggai

0

Menparekraf Sandiaga Uno jogging sepanjang 8 Kilometer menuju Air Terjun Piala, sembari mengeksplore destinasi wisata di Banggai, Sulawesi Tengah. (Foto-Biro Komunikasi Kemenparekraf).

 

Banggai – Nama Banggai kian populer sebagai salah satu daerah yang memiliki destinasi-destinasi wisata terbaik di Sulawesi Tengah. Daerah ini menawarkan objek wisata alam dan bahari yang sangat indah dan tidak dimiliki daerah lainnya.

Tak heran jika seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, selalu menyempatkan waktu melihat pesona tersembunyi Banggai Kepulauan yang terletak di bagian timur Sulawesi Tengah dikenal sebagai salah satu daerah wisata.

Sandiaga Uno yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  menikmati keindahan destinasi wisata berbasis alam dan olahraga ini dengan jogging sepanjang 8 kilometer, Minggu pagi (03/12/2023).Salah satu yang dituju adalah kawasan Air Terjun Piala. Dari titik start di pinggir pantai, Menparekraf Sandiaga menyusuri jalanan utama Banggai kemudian berbelok menuju air terjun dengan elevasi yang cukup tinggi sekitar 300 meter.

Air terjun Piala sendiri memiliki beberapa tingkat seperti tangga. Air Terjun Piala berada dekat dengan Kota Luwuk. Hanya berjarak 15-20 menit ke Kelurahan Hanga-hanga. Air Terjun Piala satu dari sekian kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.
“Medannya sangat menantang dan saya merasakan sensasi yang luar biasa, karena finishnya di air terjun yang sangat indah,” kata Sandiaga yang setelahnya juga menyempatkan diri untuk berenang di sekitar Pantai Kilo 5.

 

Menparekraf Sandiaga Uno di depan Air Terjun Piala, Banggai, Sulawesi Tengah. (Foto – Biro Komunikasi Kemenparekraf).

Menparekraf Sandiaga pun mengaku kagum dengan keindahan yang terlihat sepanjang olahraga jogging.Dia kemudian memberi tantangan pelaku parekraf di Banggai untuk menjadikan rute yang dijalani itu dapat dijadikan inspirasi untuk kegiatan sport tourism.

Karena itu pula dia mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Banggai berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat menghadirkan event sport tourism untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

Lebih Jauh Sandiaga Uno mengatakan atraksi yang dapat dihadirkan di antaranya wisata berbasis olahraga (sport tourism). Seperti olahraga yang dilakukan Menparekraf Sandiaga bersama Bupati Banggai Amirudin dan ratusan masyarakat Kabupaten Banggai pada Minggu pagi.

“Banyak destinasi yang dapat dimaksimalkan untuk sport tourism,” ujar Menparekraf Sandiaga

Terlebih lokasi Air Terjun Piala berada di wilayah yang telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata.

“Tahun depan (desa wisata) ini yang sudah masuk dalam 4.753 jaringan desa wisata (Jadesta), kita akan tingkatkan promosinya dan mudah-mudahan menembus 75 besar sehingga akan kita promosikan ke seluruh dunia dengan salah satu daya tariknya adalah pariwisata berbasis olahraga,” kata Sandiaga. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!