Pesan Ibnu Sina Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

0

Gowes Bersama - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Istri (Dr Hj Siti Wasilah) gowes menyusuri kota Banjarmasin. (Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin),

 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meminta tenaga-tenaga kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan terutama di sejumlah Puskesmas. Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi warga yang berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Demikian pesan khusus ini disampaikan langsung Ibnu Sina dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun, yang berlangsung di Halaman Balai Kota Banjarmasin. Minggu (19/11/2023).

“Saat ini sudah ada 28 puskesmas, termasuk yang baru di Sungai Andai dan Mantuil. Hal ini untuk memaksimalkan layanan kesehatan agar semakin dekat dengan masyarakat,” katanya.

Pemerintah Kota Banjarmasin sendiri menurut Ibnu Sina, saat ini juga fokus dalam penanganan stunting. Harapannya peran tenaga kesehatan di Puskesmas terus dioptimalkan, mengingat saat ini peran puskesmas sebagai ujung tombak layanan kesehatan di masyarakat.

Saat ini kata Ibnu Sina stunting di Banjarmasin mentargetkan penangan yang cukup tinggi. Sebelumnya di bawah kendali Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin menyasar 835 anak tengkes atau stunting (permasalahan gizi kronik yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama) di 22 kelurahan.Hal ini dalam rangka percepatan pencegahan dan penurunan prevalensi stunting di Kota Banjarmasin. Penanganan anak stunting dilakukan melalui intervensi gizi spesifik dan sensitif dengan kolaborasi lintas sektor.

“Ini menegaskan komitmen dalam meningkatkan kesehatan warga Kota Banjarmasin.Dari angka 22 ke 14, itu cukup besar upaya kita. Ada 14 lokus dalam penanganan stunting, program-programnya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif,” harapnya.

Wali Kota Banjarmasin juga mengapresiasi kompaknya jajaran Dinas Kesehatan dalam menjalankan program-program kesehatan, termasuk di dalamnya penangangan stunting.

“Kami berharap program-program bisa dijalankan dengan baik menjelang akhir tahun. Semoga target-target bisa tercapai dengan bidang-bidang yang terus bergerak untuk menuntaskan program tahun ini,” ucapnya.

Ibnu Sina juga menyambut gembira peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59. Pada kegiatan ini ada rangkaian kegiatan melibatkan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan.

“Ada cuci tangan dengan sabun, sosialisasi terkait Pap Smear dan IVA, sikat gigi bersama anak sekolah, dan jalan sehat bersama Puskesmas serta tenaga kesehatan Kota Banjarmasin,” demikian Ibnu Sina mengakhiri keterangan resminya ke media. (Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version