Menjajal Elang Run 20K Disekeliling Indahnya Giriwening Lembang

0

Foto Ilustrasi - Salah satu pelari memasuki garis finish dalam sebuah lomba lari.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Bandung, Jawa Barat, Lembang dikenal sebagai daerah memiliki udara sejuk dan kawasan yang memukau. Dan Giriwening Lembang, sebuah lokasi wisata alam yang menawarkan suasana tenang dan pemandangan hijau yang menyejukkan hati.

10 Nopember 2024 ratusan pelari pun bakal merasakan sensasi melintasi kaki pegunungan ini. Karena bertepatan dengan hari Pahlawan sebuah event lari berskala nasional pun digelar. Namanya Elang Run 20K, yang merupakan Cross Contry Sport.

Event yang diselenggarakan dalam rangka Aniversary Komunitas Sahabat Elang, yang dikomandoi Abby (Traveller) dan Andi Sukandi, bakal menawarkan tantangan seru menjajal trek di kawasan yang terkenal memiliki keindahan alami. Dalam Event yang eco-friendly ini, peserta diajak mengenal lebih dekat Giriwening, Mangunharja, Lembang sembari berkompetisi merebutkan hadiah menarik sebagai The Best Team.

“Ini salah satu kontribusi kami untuk mengkampayekan olahraga lari yang merupakan bagian dari Sport Tourism Indonesia. Event ini juga menjadi jawaban keinginan para Runner dan pencinta alam yang  menyukai olahraga ekstrem pemacu adrenalin,” terang Abby, kepada awak media, di Bandung, Senin (28/10/2024).

 

Panitia Lari Lintas Elang Run 20 K melakukan persiapan akhir menjelang pelaksanaan lomba.

Menurut perempuan yang juga penggemar olahraga lari ini, Lari lintas alam atau cross country adalah jenis lari jarak jauh yang biasanya dilakukan di alam terbuka. Seperti jalan raya, perbukitan, perkebunan, pemukiman, hutan, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri banyak atlet amatir menggunakan olahraga ini sebagai sarana untuk menjaga kebugaran dan mengembangkan stamina.

Abby juga menuturkan Keindahan alam yang dimiliki Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya event sport tourism berskala internasional yang berlangsung di Indonesia. Hanya saja, khusus lokasi olahraga lintas alam, biasanya lebih memprioritaskan destinasi-destinasi yang penuh rintangan dan memacu adrenalin. Salah satunya adalah Lari Lintas alam Elang Run 20K, di kawasan destinasi wisata Giriwening lembang.

“Selain untuk menjaga kebugaran dan kebersamaan tim, evet ini juga semakin mengenalkan Salah satu daya tarik utama Giriwening lembang adalah lanskapnya yang masih alami dan minim polusi. Karena sambil berlari, peserta bakal menikmati suasana alam dan indahnya pemandangan. Karena tempat ini juga kelilingi oleh pepohonan pinus, tanaman hijau, serta perbukitan yang membentang luas. Kombinasi pemandangan alam ini memberikan suasana yang menenangkan dan menggembirakan,” seru Abbi.

 

Foto Ilustrasi – Salah satu pelari asal Kalsel, Fachrudin berlatih lari.

Abby ditemani panitia lainnya, berharap event ini bakal diikuti sejumlah penggiat lari dan hobby lintas alam. Karena kejuaraannya didesain untuk para pelari, yang sangat berharap event-event seperti hadir di mana-mana.

“Lari Lintas Alam Elang Run 20 K sendiri salah satu pilot project yang kami mulai dari Lembang, Bandung, Jawa Barat. Karena seperti harapan kami akan dilaksanakan pula di sejumlah kota-kota lainnya di Indonesia,’ “ kata Andi salah satu panitia.

Lari Lintas Alam Elang Run 20K sendiri juga diharapkan bisa mengenalkan sekaligus mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Lembang, Bandung. Karena acara ini juga bakal diliput langsung TV Diplomat Belanda, Economic Travelling.Com serta media lainnya yang menjadi media partnernya.

“Yang terpenting kita mempunya misi bagaimana destinasi-destinasi wisata Lembang Bandung serta daerah lainnya di Indonesia dikenal lebih luas lagi. Popularitas Indonesia sebagai lokasi lintas alam tidak bisa dipisahkan dari banyaknya bentang alam Indonesia yang sangat menantang, memberi kami rasa optimis event ini sukses,” ujar Abby dan Andi bersamaan seraya menyebutkan Lomba lari ini bakal diikuti juga pelari luar negeri. ( Olpah Sari ).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!