Sukseskan Regenerasi Petani, Kementan dan Pemkab Hulu Sungai Selatan Bangun Sinergisitas

0

Komitmen bersama bersinergi mensukseskan program regenerasi petani. (Foto-Dok Humas SMK PP Negeri Banjarbaru).

Upaya regenerasi dan penumbuhan jiwa wirausaha pertanian dari Kementerian Pertanian terus mendapat mendapat dukungan dari berbagai kalangan dan pemerintah daerah. Di Kalimantan Selatan dukungan ini pun juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sebagai kabupaten yang mendapat kepercayaan menjalankan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Hulu Sungai Selatan mantap bersinergi dengan Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan SMK PP Negeri Banjarbaru.

Hal ini mengemuka dalam Kegiatan District Multi-Stakeholder Forum Program YESS Tahun 2024 di Gedung Pramuka, Kandangan, Rabu (15/10/2024).  .Kegiatan yang diselenggarakan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan bersama dengan Bappedalitbangda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, bertujuan untuk menyampaikan capaian, evaluasi, serta berdiskusi tentang kesiapan replikasi program keberlanjutan Program YESS di wilayah tersebut.

Manager PPIU Kalsel, Angga Tri A.P, berharap agar Program YESS yang telah berjalan dapat diteruskan oleh Bappeda Hulu Sungai Selatan melalui program replikasi unggulan yang sesuai dengan kondisi dan potensi daerah.

“Kami mendorong agar program-program yang sejalan dengan visi Program YESS, seperti pengembangan wirausaha muda pertanian, dapat direplikasi oleh pemerintah daerah,” ucap Angga.

Terkait itu pula Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan, melalui Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Efran, yang secara resmi membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan District Multi-Stakeholder Forum ini.

“Kami menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat membangun komitmen bersama untuk menciptakan iklim kondusif bagi tumbuhnya pengusaha muda di bidang pertanian. Program YESS harus dilanjutkan karena sejalan dengan visi dan misi Hulu Sungai Selatan untuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),” ujar Efran.

 

Manager PPIU Kalsel, Angga Tri A.P memberikan pengarahan dalam Kegiatan District Multi-Stakeholder Forum Program YESS Tahun 2024 di Gedung Pramuka, Kandangan, Rabu (15/10/2024).

Sementara itu, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menekankan  Program Yess ini ber output pada generasi muda pertanian yang siap menjadi Job Creator ataupun menjadi Job Seeker.

“Karenanya kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memastikan kesinambungan Program YESS di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sekaligus sebagai wujud nyata dukungan terhadap pengembangan ekosistem kewirausahaan pertanian yang berkelanjutan,” katanya.

Sekedar diketahui saat ini Kementerian terus menfokuskan diri dalam upaya regenerasi petani dan mendorong enterpreneur bagi generasi muda. Salah satu program yang dijalankan adalah Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang merupakan kerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Hal ini pula dipertegas dengan pernyataan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, yang menyebutkan saat ini pihaknya terus mendorong peningkatan produksi pangan strategis. Hal ini tentunya perlu dukungan dari SDM pertanian yang memiliki potensi besar yang berasal dari usia produktif.

Senada dengan itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti mengungkapkan program YESS menjadi salah satu barometer menciptakan petani milenial yang bisa memberdayakan sumber daya alam dengan kekuatan sumber daya manusia di dunia bisnis bagi pemuda tani di pedesaan.(Olpah Sari/Adv).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!