Basirih Siap Emban Amanah Kampung Merah Putih

0

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Dr Lukman Fadlun foto bersama dengan Lurah Basirih dan Ketua RT 09, Kampung Keramat Basirih, Banjarmasin Barat .

Setelah menyabet gelar terbaik Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) 2024, Kampung Keramat Basirih RT 9 dinyatakan sebagai Kampung Merah Putih Jilid 2. Setelah sebelumnya di tahun 2023 silam, Kampung Merah Putih (Kamaratih ) Sungai Andai, Jalan Cengkeh – At Rahman RT 79, menjadi percontohan pertama Kampung Merah Putih di Banjarmasin.

Basirih sendiri dinilai salah satu kampung yang pas mengemban amanah dalam mendorong masyarakat untuk lebih cinta kepada tanah air, melalui serangkaian aksi dan tata kelola perkampungan yang bersih berwawasan lingkungan.

Setidaknya potret kampung nasionalis dan berwawasan kebangsaan terlihat bagaimana keseriusan menata kampung dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-79. Lantaran keseriusan ini pula membuat Tim Juri Lomba Kampung Kamaratih tanpa ragu menobatkan Kampung Basirih akhirnya resmi dinobatkan sebagai Kampung Merah Putih 2024 terbaik pertama, dalam Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin.

“Inysa Allah, Kampung Keramat Basirih siap mengemban amanah sebagai Kampung Merah Putih Jilid, setelah saudara kami di Sungai Andai. Suatu kebanggaan bagi kampung kami dinobatkan sebagai Kampung Merah Putih,” ucap Mahmud Rahmatullah, Ketua RT 9 RT 9 RW 01, Kecamatan Banjarmasin Barat, usai menerima hadiah Lomba Kampung Merah Putih 2024, di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Banjarmasin, Kamis siang (03/10/2024).

 

Para Juara Lomba Kampung Merah Putih 2024 Se-Kota Banjarmasin.

Bagi Warga Basirih sendiri menurut Mahmud Rahmatullah, amanah ini menjadi kebanggaan tersendiri.Karena itu pula mereka siap berkolaborasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin serta pihak mana pun dalam menanamkan semangat nasionalisme.

“Tak perlu mahadang (menunggu,red) tujuhbelasan, atau hari besar nasional lainnya, pemasangan bendera sudah sepantasnya dilakukan dengan kesadaran dan bangga sebagai warga negara yang cinta tanah air. Insya Allah kampung kami siap berkolaborasi dengan siapa pun,” ujar Mahmud.

Masyarakat Kampung Basirih sendiri sangat berterima kasih kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Dr Lukman Fadlun dan Kepala Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin, Bambang Budiyanto serta Tim Juri lainnya, yang memberikan kepercayaan sebagai wakil Banjarmasin tahun 2024.

 

Kolaborasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin, dalam Lomba Kampung Merah Putih Se=Kota Banjarmasin.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Dr Lukman Fadlun mengapresiasi semangat dan partisipasi seluruh kampung di kota Banjarmasin dalam mengikuti Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) tahun 2024.

“Kami pun sangat berterima kasih dengan warga Keramat Basirih yang siap mengemban tugas sebagai Kampung Merah Putih kedua, setelah tahun sebelumnya kampung percontohan pertama di Sungai Andai. Luar biasa spirit yang semangat cinta tanah air yang tinggi,” kata Lukman Fadlun.

Lomba Kampung Merah Putih sambung Lukman, Fadlun, adalah bagian dari sebuah gerakan menggelorakan cinta tanah air.Karena tidak hanya mengibarkan sang merah putih, namun ada filosofi lain untuk menanamkan terus semangat cinta tanah air, seperti meneladani sifat terpuji para pejuang dan nilai-nilai gotong royong di masyarakat yang harus dijaga. (Olpah Sari).

Olpah Sari – Jurnalis-Editor Economic Travelling.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!