Ketua Umum DPP ASTINDO, Pauline Sumarno menyerahkan Pataka kepada Antonius Panggabean.

Satu lagi asosiasi kepariwisataan meramaikan industri pariwisata di Kalsel. Ia adalah Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO). Asosiasi yang kini dipimpin Pauline Sumarno, merambah ke Kalsel sebagai bagian dalam upaya ikut berperan memajukan pariwisata di Banua.

Sabtu (21/09/2024), kepengurusan baru pun terbentuk setelah sebelumnya mereka melakukan Rapat Kerja Daerah Perdana di Banjarmasin. Dan Antonius Panggabean resmi didapuk sebagai Ketua DPD ASTINDO Kalsel, setelah melalui prosesi musyawarah mufakat, di Harper Hotel, Banjarmasin.

Demi memperlancar tugas organisasi, posisi Sekretaris dipercayakan kepada Syamsudin Noor dan Khairunissa sebagai Bendahara ASTINDO Kalsel.Tak hanya itu mereka juga menempatkan Teguh Winarto sebagai Penasehat DPD ASTINDO Kalsel.

Proses pelantikan pengurus  sekaligus Deklarasi ASTINDO Kalsel ini dilakukan langsung Ketua Umum DPP ASTINDO, Pauline Sumarno dan disaksikan khusus Wakil Ketua Umum, Anton Sumarli dan Ketua Bidang Inbound & Domestik, Heben Ezer.

 

Duo Anton – Wakil Ketua Umum ASTINDO, Anton Sumarli memberikan spirit kepada Antonius Panggabean usai dilantikan sebagai Ketua DPDASTINDO Kalsel.

Acara ini juga mendapat perhatian Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang menurunkan delegasinya, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Sosial, Adi Santoso. Tak hanya itu hadir pyla Plh Kepada Dinas Pariwisata Kalsel, M Noor, perwakilan Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin, serta pengurus Asosiasia Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel, PHRI, dan sejumlah travel agen.

Ketua Umum ASTINDO Pauline Suharno mengapresiasi semua pihak termasuk Gubernur Kalsel dan Dinas Pariwisata Kalsel yang begitu hangat menyambut kehadiran ASTINDO di Buminya Pangeran Antasari. Hal ini menjadi spirit bagi organisasi ini untuk berpartisipasi serta berperan aktif memajukan pariwisata di Banua dan Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih dengan sambutan luar biasa di Kalsel terhadap ASTINDO. Tentu akan menjadi spirit kawan-kawan di Kalsel bekerja dan berkreasi serta berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Kalsel untuk memajukan pariwisata di Banua,” ujar Pauline Suharno disela-sela pelantikan.

Sebagai asosiasi yang mengedepankan kebersamaan, kerjasama yang saling menguatkan, ASTINDO membawa misi dan program terbaik, terutama untuk tahun 2024 dan 2025.

“Ada sejumlah Road Show ke sejumlah negara di Eropa, mulai Belandam Jerman, Belgiam Swiss, Austria dan Cheko. Ini akan menjadi angin segar bagi pariwisata Kalsel, karena bisa mempromosikan dan memasarkan produk dan paket wisata berkualitas ke mancanegara melalui ASTINDO,” terang Ketua DPD ASTINDO Kalsel, Antonius Panggabeaan.

Sebagai asosiasi kepariwisataan yang baru hadir, Anton sapaan akrab pria yang sehari-hari Tour Guide spesialis bahasa Inggris dan Jerman ini, akan membangun komunikasi terbuka dengan semua pihak. Karena dalam mewujudkan program-program terbaik ASTINDO, pihaknya mengedepankan sinergi, kolaborasi serta kebersamaan untuk majunya sebuah industri pariwisata berkelanjutan, sehat dan berkualitas.

“Hal terpenting juga ASTINDO mendorong juga penguatan kapasitas pelaku industri pariwisata melalui In-House Training, seminar, hingga Famtrip wisata hingga keterampilan story telling dalam memandu wisata,” ucap Anton.(Olpah Sari).

Olpah Sari – Jurnalis- Editor Economic Travelling.Com.

 

 

 

1 thought on “ASTINDO Siap Majukan Pariwisata Banua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!