Mudahkan Penyaluran KUR Syariah, Bank Kalsel Kerjasama Dengan Jamkrida Kalsel

0

Foto-Istimewa

Sebagai upaya memperluas cakupan bisnis dan mendukung pertumbuhan bisnis syariah serta pelayanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah, Bank Kalsel menandatangani Perjanjian Kerja Sama Kafalah (Penjaminan Syariah) Jamkrida Kalsel.

Kerjasama sendiri diteken langsung Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin diwakili Direktur Bisnis, Ahmad Fauzi Noor bersama Direktur Utama Jamkrida Kalsel, Suyanto, di Gedung Idham Khalid. Setdaprov Kalsel, Trikora, Banjarbaru, Rabu (11/09/2024).

Prosesi penandatanganan ini disaksikan pula Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Fadjar Majardi, Kepala OJK Provinsi Kalsel,Agus Maiyo serta sejumlah pimpinan Kementrian Keuangan Satu Kalsel

Berdasarkan keterangan Direktur Utama Jamkrida Kalsel, Suyanto, tercatat  hingga Agustus ini, setidaknya sudah ada 6.000 UMKM di Kalsel, yang dibantu penjaminan KUR di Bank Kalsel. Penjaminan ini khusus untuk kredit di bawah nilai 100 juta rupiah.

“Karenannya lewat perjanjian penjaminan KUR Syariah dengan Bank Kalsel hari ini, hari kami semoga dapat membantu hingga 10.000 UMKM tahun ini,”ujar Suyanto.

Apa yang disampaikan Suyanto sendiri selaras dengan perkembangan KUR yang tercantum dalam Data Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan.Tercatat hingga Agustus 2024, Bank Kalsel sudah menyalurkan KUR sebesar 518 miliar rupiah lebih, untuk UMKM Banua. Penyaluran KUR sampai saat ini masih didominasi KUR konvensional.

“Sedangkan penyaluran KUR Syariah, baru mencapai 4,70 persen dari penyaluran KUR tahun 2024. Tahun ini, kuota KUR Kalsel mencapai 5,16 trilyun rupiah. Hingga Agustus 2024, penyaluran KUR sudah mencapai 74,80 persen atau 3,86 trilyun rupiah,” ujar mengutip data Data Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, menyebutkan  sejauh ini performa penyaluran KUR Bank Kalsel sudah sangat baik. Bahkan hingga Agustus lalu, penyaluran KUR Bank Kalsel, sudah berada di peringkat dua untuk wilayah Kalimantan Selatan.

“Semoga dengan adanya kerjasama penjaminan KUR Syariah hari ini, maka lebih banyak lagi UMKM di Banua yang mendapat akses kredit perbankan, terutama dari Bank Kalsel,” harapnya.(Olpah Sari/Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!