Wali Kota Banjarmasin menilai peti kemas edukasi bersinar di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat itu adalah terobosan yang pertama di Indonesia.

Peti Kemas selama ini dikenal berfungsi untuk mengangkut dan menyimpan berbagai jenis barang logistik, seperti paket, muatan, dan barang curahan. Peti kemas biasanya juga dipakai untuk mengirim barang atau komoditi dari satu daerah ke daerah lain , terutama dalam bisnis ekspor impor.

Seiring waktu peti kemas pun tak lagi menjadi salah satu sarana angkutan, namun memiliki fungsi lain.Salah satunya juga dijadikan tempat untuk café dan restoran, karena dinilai ekonomis dan praktis serta aman.

Namun di halaman Kantor Halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat peti kemas memiliki fungsi lain.Karena digunakan untuk wahana edukasi.Di tempat ini menjadi wadah mengedukasi baik anak-anak maupun orang dewasa.

 

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Hj Siti Wasilah meninjau Peti Kemas Edukasi Bersinar di halaman Kantor Camat Banjarmasin Barat. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Kamis pagi (29/08/2024) Peti Kemas Edukasi Bersinar ini pun diresmikan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Peresmian Peti Kemas yang menjadi pusat membaca dan pengetahuan ini, disaksikan pula Ketua TP PKK, Hj Siti Wasilah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjarmasin, M Ikhsan Al-Hak, Camat Banjarmasin Barat, Ibnu Sabil, Sub Regional Head Kalimantan (Pelindo), Sugiono.

“Terimakasih banyak kepada PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Banjarmasin yang sudah memberikan CSR dalam bentuk petikemas edukasi dan juga bantuan-bantuan lainnya,” ujar Ibnu Sina di sela-sela peninjauan peti kemas.

Ibnu Sina mengatakan, peti kemas tersebut sangatlah menarik untuk dijadikan sebagai wadah mengedukasi baik anak-anak maupun orang dewasa. Menurutnya peti kemas biasanya dipakai untuk cafe atau angkutan, namun kini berbeda.

“Biasanya petikemas dipakai buat cafe atau angkutan, tapi ini untuk sarana edukasi, tempatnya nyaman di dalam, ada spot tv nya juga, ada buku-buku koleksi dan itu sangat membantu pemerintah kota dalam meningkatkan literasi di kota Banjarmasin,” katanya.

Apalagi, terang Ibnu, peti kemas edukasi bersinar di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat itu adalah terobosan yang pertama di Indonesia.

Ia berharap, peti kemas tersebut bisa berbuah bermanfaat dan Korporat yang ada di Banjarmasin ini dapat terus bekerjasama dengan pemko Banjarmasin untuk memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Pelindo sudah memberikan contoh dengan memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat terutama generasi penerus anak-anak kita semua,” ucapnya.

Sementara itu Camat Banjarmasin Barat, Ibnu Sabil mengajak anak-anak sekolah, orang dewasa bahkan lansia, menggunakan peti kemas edukasi tersebut.

“Intinya petikemas edukasi ini bukan perpustakaan, peti kemas edukasi ini pengelolaannya kami serahkan sepenuhnya dengan komunitas Edukasi Bersinar di Banjarmasin Barat,” pungkasnya.(Ridzky Husna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!