Racah Mampulang Balangan KIM Terinovatif Nasional

0

Stan KIM Kalsel yang menarik perhatian Tim Juri dan pengunjung.

Kalimantan Selatan kembali menoreh prestasi bagus di tingkat nasional. Kali ini kabar baik datang dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu wakil Kalimantan Selatan yakni Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Racah Mampulang, Desa Balida, Kabupaten Balangan meraih penghargaan paling bergengsi pada kompetisi KIM Festival 2024.

KIM  Racah Mampulang  dinobatkan sebagai KIM Terinovatif dalam  kompetisi KIM Festival 2024 yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan. Sabtu malam (10/08/2024) penghargaan tersebut diserahkan langsung Kementerian Kominfo melalui Dirjen IKP Usman Kansong kepada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhamad Muslim.

Penghargaan ini juga menjadi kado ulang tahun Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74. Muhammad Muslim pun mengaku bersyukur dengan penghargaan terbaik yang diterima Kalimanntan Selatan.Dia pun sangat berterima kasih dengan dukungan semua pihak sehingga sukses menoreh keberhasilan ini.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi KIM Racah Mampulang yang telah bekerja keras menyebarkan informasi pemerintah daerah agar Kalsel terus bergerak. Semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi dan memotivasi KIM lain khususnya di Kalimantan Selatan,” ujar Muslim kepada awak media yang hadir langsung di lokasi acara.

Sukses KIM Racah Mampulang sendiri tidak terlepas dari sempurnanya nilai mereka dalam wisata budaya. Tim Juri memutuskan mereka sukses memenuhi kreteria penilaian yakni ADINDA-P (Akses, Diskusi, Informasi, Networking, Diseminasi, Aspirasi dan Prestasi.)

KIM Terinovatif, memang pas disandang Racah Mampulang. Karena selama Festival berlangsung mereka menggelar sejumlah kegiatan yang mengundang decak kagum juri dan pengunjung seperti penampilan 7 kesenian Banjar dan Dayak. Mulai Tarian Japin, Bakasai Api, Madihin hingga atraksi lainnya.

 

Tim Kalsel dalam KIM Festival 2024. di Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto-Humas Kominfo Kalsel).

Muslim sendiri sangat mengapresiasi kiprah Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dari salah satu desa wisata di Paringin, Kabupaten Balangan.Terlebih kepiawaian perwakilan Kalsel menyakinkan dewan juri yang terdiri dari juri nasional, Akademisi Komunikasi Universitas Indonesia, Irwansyah dan Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif.

“Alhamdulillah, wakil kita yang presentasi adalah Sahridin sangat paragmatis menyampaikan materi-materi terkait peran KIM Racah Mampulang, dengan inovasi pengembangan Wisata dan Melestarikan Budaya Berbasis Digital.Keren sekali menginspirasi,” ucap Muslim.

Di tingkat nasional, KIM perwakilan Kalsel juga telah tampil mempresentasikan profil dan inovasi di ajang festival yang dilaksanakan di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Makassar, Jumat (9/8/2024).

Selain presentasi khusus, Tim KIM Racah Mampulang mampu menyajikan produk-produk olahan bambu dengan bagus dan berkualitas seperti tumbler dan gelas. Semua produk ini termasuk makanan, minuman hingga obat tradisional khas Kalsel dipamerkan dalam stan pameran milik Kalsel.

Tercatat ada ada 11 KIM dari 9 provinsi yang mengikuti KIM Festival 2024 dengan memperebutkan 4 kategori yaitu Terbaik UMKM, Terbaik Pariwisata, Terinspiratif, dan Terinovatif.

Gelaran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Festival 2024 di Kota Makassar tak hanya fokus pada kompetisi antar KIM dari berbagai provinsi. Untuk mempererat keakraban dan menjalin silaturahmi, peserta diajak menjelajahi sejumlah destinasi wisata di Kota Angin Mammiri, sekaligus mengenal lebih dekat sisi lain dari kota ini.(Olpah Sari).

Olpah Sari – Penulis – Editor Economic Travelling.Com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!