Rusia dan Britania Raya Siap Bikin Kejutan di Banua Triathlon Challenge

0

Warga Kalsel siap-siap melihat aksi atlet Triathlon dunia di Banjarbaru, Sabtu 13 Juli 2024.

Saksikan Kehebatan Atlit Banua dan Mancanegara, Sabtu 13 Juli 2024

Rusia dan negara Britinia Raya (Inggris dan Irlandia) siap-siap mengguncang ajang Banua Triathlon Challenge (BTC) 2024, yang diselenggarakan embung Kebun Raya Banua dan komplek perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Terlebih atlet Rusia Gennady Kruglov  dan Vladimir Yanin berjaya di Banua Triathlon Challenge tahun 2023.Kedua atlet merebut posisi pertama dalam kelas berbeda. Keperkasaan keduannya pun bakal diuji lagi dalam helatan yang digelar pada hari Sabtu (13/07/2024).

Kabar ini pun mengemuka dalam Press Confrence yang digelar panitia pelaksana bersama Dinas Pariwisata Kalsel, di Office Cafe Banjarmasin, Rabu (10/07/2027). Event berskala nasional dan internasional bakal mempertemukan atlet-atlet kelas dunia dan nasional di cabang Triathlon. Ratusan peserta ini akan bertarung sengit merebutkan podium juara tahun kedua Banua Triathlon Challenge.

“Alhamdulillah kabar menggembirakan atlet Britania Raya dan Rusia bakal meramaikan Banua Triathlon Challenge ditambah atlet top nasional lainnya. Tercatat di panitia penyelenggara ada 147 peserta dari 12 provinsi di Indonesia, mengikuti kejuaraan ini.Hal ini menandakan antusias luar biasa untuk kegiatan tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, M Syarifudiin, kepada awak media.

Tentunya ini menurut Syarifuddin menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kalsel, karena eventnya telah menjadi bagian dari acara Triathlon Indonesia dan mendapat perhatian pencinta Sport Tourism tanah air dan Banua.

“Bagi Kalsel sendiri akan menjadi catatan terbaik dalam olahraga dan wisata (Sport Tourism) terutama karena Kalsel kembali menyita perhatian dunia olahraga di tahun 2024.Tentunta publik Banua akan dipertontonkan aksi terbaik atlet Triathlon dunia dan nasional.Karenanya jangan lupa kita bersama menyaksikannya langsung pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2024 di kawasan embung Kebun Raya Banua dan komplek perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru,” ajaknya.

Dalam kejuaraan olahraga yang menguji ketahanan fisik melalui renang, bersepeda dan berlari secara berurutan, peserta bakal memperebutkan total hadiah Rp100 juta.

“Nantinya dalam event ini akan mempertandingkan empat nomor pertandingan mulai  Olympic triathlon, sprint triathlon, mixed team relay hingga aquathlon eksibisi. Tahun ini mengalami peningkatan peserta dibandingkan dengan 2023 lalu, terutama pada Olympic Triathlon,peserta bahkan datang jauh-jauh dari pulau Jawa, yang juga gudangnya atlet,”sambungnya lagi.

 

Momen info terbaru Banua Triathlon Challenge 2024, juga diwarnai dengan pelepasan putra dan putri pariwisata Kalimantan Selatan, Ahmad Fakhri Ali dan Nuria Zulfa menuju Lomba putra-putri Pariwisata Nusantara 2024 di Jakarta.

Tak hanya memberikan hiburan bagi penggemar olahraga, event ini juga memberikan manfaat luar biasa bagi pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif. Karena panitia juga menggandeng mereka berpartispasi meramaikan acara, dengan stan-stan pameran.

“Tak hanya menjadi ajang promosi pariwisata, event tahun ini juga memberikan kesempatan kepada  pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif untuk memamerkan sekaligus promosi produk terbaik mereka. Sasarannya nantinya berdampak bagus bagi meningkatnya ekonomi UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Banua,”katanya.

Gelaran event tahun ini juga akan dimeriahkan dengan kehadiran stand UMKM atau pelaku usaha ekonomi kreatif Banua.

Event Organizer Banua Triathlon Challenge, Teguh Budi mengatakan bahwa Banua Traithlon Challenge sendiri sudah masuk sebagai agenda tahunan Federasi Triathlon Indonesia (FTI).

“Kendati baru dua kali dilaksanakan, ternyata event kita menjadi agenda nasional. Alhamdulillah ini membuat Kalsel bangga, karena kerjasama lintas sektor ini memberikan dampak bagus bagi perkembangan olahraga Triathlon dan pariwisata Banua,” terang pria yang akrab disapa Bang Wiro.

Wiro menjelaskan demi memberikan rasa aman dan nyaman, panitia bersama Dinas Pariwisata Kalsel sudah menyiapkan asuransi keselamatan bagi peserta Banua Triathlon Challenge 2024.

Langkah ini diambil sebagai perhatian khusus panitia penyelenggara akan keamanan dan keselamatan peserta mengikuti event terkeras dalam olahraga yang harus ditopang ketahanan dan fisik prima.

“ Sudah pasti kita tetap menyediakan asuransi keselamatan untuk peserta. Disisi lain panitia juga meminta perserta untuk menulis semacam perjanjian terkait dengan kejadian yang disebabkan keinginan peserta tidak menjadi tanggung jawab dari panitia,” tegasnya.

Momen info terbaru Banua Triathlon Challenge  2024, juga diwarnai dengan pelepasan putra dan putri pariwisata Kalimantan Selatan, Ahmad Fakhri Ali dan Nuria Zulfa. Keduanya mewakili Kalsel untuk berjuang memperebutkan posisi terbaik dalam ke ajang putra-putri Pariwisata Nusantara 2024 ke tingkat nasional di Jakarta, pada tanggal 22 Juli  2024 mendatang.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel, Mutia Amana Nastiti, mengapresiasi digelarnnya kembali Banua Triathlon Challenge  2024 . Hal ini akan memberikan dampak bagus bagi industri pariwisata Indonesia. Karena dipastikan usai mengikuti lomba, delegasi daerah dan dunia akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata.

“Momen ini memang spesial dan diharapkan mendorong pula peningkatan kunjungan wisatawan ke Kalsel. Karena Sport Tourism juga menjadi tren baru, yang sangat disukai wisatawan,” pungkas Mutia.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!