Agar Ekosistem Pantai Terjaga, Bank Kalsel Tanam Ribuan Bibit Mangrove

0

Foto-Humas Bank Kalsel.

Komitmen kuat Bank Kalsel untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup semakin tak terbantah.Lagi-lagi Bank Pembangunan Daerah terbaik Banua ini berkontribusi positif dalam menggerakan penanaman pohon secara serentak.

Dan sasaran terbaru adalah turut mendukung rehabilitasi kawasan pantai. Kali ini Bank memberikan bantuan 8.000 batang bibit mangrove untuk ditanam di kawasan Desa Muara Pagatan,  Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Bantuan tersebut merupakan salah satu partisipasi Bank Kalsel dalam memperingati Lingkungan Hidup Sedunia bertemakan “Menyelesaikan Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” . Sumbangan peduli lingkungan ini diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (02/07/2024).

Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menanam ribuan pohon mangrove dihadiri pula Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel, Ahmad Bagiawan mewakili Gubernur Kalsel, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, I Gusti Ketut Prasetya,serta Bupati Tanah Bumbu yang diwakili langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Wardoyo

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel, Ahmad Bagiawan menekankan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah momentum penting untuk upaya memulihkan lahan yang terancam sekaligus. Hal ini juga merupakan jawaban atas ancaman krisis iklim global.

Karena itu pula dirinya mengajak masyarakat terus menanam untuk masa yang akan datang. Disamping itu, melalui Aksi Bersih Pantai yang dilaksanakan akan terbangun sinergi yang kuat untuk menangani permasalahan sampah.

Senada dengan itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan rehabilitasi lahan mangrove ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antara Pemprov Kalsel dengan Bank Kalsel.

Hanifah Dwi Nirwana sendiri mengapresiasi sekali atas dukungan Bank Kalsel, dengan  menyediakan p8.000 bibit mangrove, penanaman, pemeliharaan, hingga terselenggaranya acara peringatan tersebut.

“Semoga sinergi ini dapat berlanjut dengan keterlibatan pelaku usaha lain terutama yang berdomisili di pesisir pantai,” harapnya.

Sementara Itu Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, I Gusti Ketut Prasetya , berharap  bantuan 8.000 bibit mangrove ini dapat membawa manfaat besar bagi lingkungan sekitar.

“Semoga bantuan dari CSR Bank Kalsel ini bermanfaat dan berguna untuk kelestarian lingkungan kita” ujar IGK Prasetya.

Terpisah Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengungkapkan aksi penanaman bibit mangrove dan aksi bersih pantai ini diharapkan dapat membantu mengurangi abrasi pantai, meningkatkan kualitas udara, serta berkontribusi dalam penyelesaian krisis iklim.

“Dengan melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan ini, Bank Kalsel juga berharap ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat,” ucapnya.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!