Kementan Bekali SMK-PP Banjarbaru Pengetahuan Antisipasi Darurat Pangan

0

selama kegiatan berlangsung para sisiwa juga mendapat pengetahuan-pengetahuan penting langsung disajikan Ani Susilawati dari BPSI Pertanian Lahan Rawa dengan materi “Identifikasi Kebutuhan Benih dan Identifikasi Kebutuhan Pupuk di Lokasi Pendampingan”. (Foto-Humas SMK PP Negeri Banjarmasin).

 

Krisis pangan menjadi tantangan dan ancaman dalam kehidupan manusia.  Melambatnya perekonomian dunia dan prediksi meningkatnya masyarakat miskin tentu berimplikasi pada pemenuhan pangan bagi masyarakat. Fenomena penurunan produksi di beberapa daerah serta kenaikan harga pangan juga diwaspadai pemerintah sebagai pemicu terjadinya kerawanan dan krisis pangan di Indonesia.

Karena itu menurut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, prioritas pemerintah saat ini adalah menjaga kedaulatan pangan melalui meningkatkan produksi padi dan jagung untuk mencegah krisis pangan di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan sektor pertanian serta kesejahteraan petani di Indonesia,” ujar Menteri Amran

Langkah Strategis lainnya adalah terus menggenjot produksi pangan melalui kegiatan perluasan areal tanam dalam program pompanisasi dan peningkatan lahan rawa.Seperti yang dilakukan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP)

Program itu tidak luput dari peran generasi emas pertanian yaitu anak-anak muda. Sebab, mereka mempunyai tekat, kreativitias, dan inovasi yang kuat untuk mengembangkan pertanian.

“Jika banyak generasi yang tergugah hatinya dalam pengembangan usaha pertanian, hal itu akan menimbulkan dampak yang positif karena itu akan menjadi bekal bagi mereka ke depannya dalam rangka menopang perekonomian Indonesia terutama dalam swasembada pangan,” ungkap Plt. Kepala Badan PPSDMP Dedi Nursyamsi dalam keterangan resmi kepada media.

Di daerah hal ini pun didukung penuh jaringan Kementerian Pertanian. Salah satunya melalui SMK-PP Negeri Banjarbaru. Lembaga pendidikan vokasi pertanian ini pun menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Desa Mitra melalui Bimbingan Teknis sebagai Upaya Antisipasi Darurat Pangan.

Kegiatan ini selama 4 hari (26 Juni hingga 29 Juni 2024) ini pun melibatkan 87 siswa kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024, yang dipusatkan di Aula Kampus SMK-PP Negeri Banjarbaru.

 

Gazali Rachman dari Balai Pengelolaan Sarana dan Prasarana Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPSPTPH), berpartisipasi presentasi dengan materi “Identifikasi Kebutuhan dan Ketersediaan Alsintan, Identifikasi Kebutuhan dan Ketersediaan pompa berdasarkan potensi lahan pertanian di lokasi pendampingan. (Foto-Humas SMK PP Negeri Banjarbaru).

Dalam pembekalan yang diberikan sejumlah narasumber kompeten dari Dosen Polbangtan Malang, PEPI Serpong, dan Polbangtan Yogyakarta Magelang, para siswa bisa memahami beragam upaya mengantisipasi darurat pangan.Kegiatan sendiri dilakukan secara daring dan offline.

Tak hanya selama kegiatan berlangsung para sisiwa juga mendapat pengetahuan-pengetahuan penting langsung disajikan Ani Susilawati dari BPSI Pertanian Lahan Rawa dengan materi “Identifikasi Kebutuhan Benih dan Identifikasi Kebutuhan Pupuk di Lokasi Pendampingan”.

Tak hanya itu Gazali Rachman dari Balai Pengelolaan Sarana dan Prasarana Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPSPTPH), berpartisipasi presentasi  dengan materi “Identifikasi Kebutuhan dan Ketersediaan Alsintan, Identifikasi Kebutuhan dan Ketersediaan pompa berdasarkan potensi lahan pertanian di lokasi pendampingan”

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk mendukung Program Upaya Khusus dari Kementan dalam optimalisasi lahan khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Sebab nantinya siswa akan diterjukan ke lapangan atau ke desa mitra, untuk mendampingi petani dan tentunya mendukung program optimalisasi lahan, dalam rangka darurat pangan,” kata Budi.(Olpah Sari).

 

Olpah Sari – Penulis – Editor Economic Travelling.Com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!