Rombong Bank Kalsel Bikin Pedagang Kopi Keliling Bisa Layak Berjualan

0

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin menyerahkan gerobak kepada salah satu pedagang keliling.(Foto-Humas Bank Kalsel).

Rasa haru dan suka cita dirasakan Muhammad Rafi’I, pedagang kopi keliling.Kebahagiaan ia rasakan bersama empat pelaku UMKM lainnya, begitu diundang khusus ke kantor Bank Kalsel, Rabu (05/06/2024). Mereka senang bukan kepalang karena diberi bantuan rombong Barokah untuk berjualan secara layak.

Lima unit rombong ini pun berhak mereka gunakan untuk berjualan mengais rejeki dengan sebaik dan senyaman mungkin. Karena tak perlu repot lagi mencari tempat atau lapak membawa dagangan. Karena melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Bank Kalsel, gerobak-gerobak ini gratis untuk digunakan mereka menjalankan usaha.

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin, mengatakan bantuan kepedulian ini menunjukan komitmen Bank Kalsel dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kalimantan Selatan.

Selain itu pemberian rombong gratis ini didasarkan pada hasil tinjauan lokasi dan tempat tinggal penerima yang termasuk dalam kategori 8 asnaf (orang yang berhak menerima zakat yang telah diatur dalam Al-Quran).

“Bantuan Rombong Barakah yang kami serahkan hari ini, bersumber dari dana sebagian gaji pegawai Bank Kalsel yang dipotong setiap bulannya serta donasi masyarakat yang dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Salah satunya adalah untuk pelaku UMKM yang membutuhkan prasarana jualan yang layak,” ujar Fachrudin.

Lebih lanjut, Fachrudin menjelaskan bahwa Bank Kalsel juga menyalurkan dana Zakat Infaq Shadaqah kepada yang membutuhkan, seperti kaum masjid, panti asuhan, rumah tahfiz Alqur’an, hingga bantuan untuk warga yang terdampak akibat kebakaran.

“Kami berharap bantuan Rombong Barakah ini dapat membawa keberkahan bagi usaha para pelaku UMKM, sehingga dagangan mereka laris manis. Dalam hal ini juga, Saya mengajak masyarakat Kalimantan Selatan untuk mendoakan agar bisnis Bank Kalsel semakin maju dan sukses, sehingga kami dapat terus memberikan keberkahan bagi Banua,” tambah Fachrudin.

 

Direktur Utama Bank Kalsel, menyerahkan gerobak kepada salah seorang pedagang perempuan. (Foto-Humas Bank Kalsel),

Bantuan ini diserahkan langsung secara bergantian oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin kepada 5 (lima) penerima Rombong Barakah yaitu Raudhatul Jannah (usaha minuman dan makanan ringan), Ridha Haryati (usaha jual telur gulung), M. Rafi’e (usaha kopi keliling), M. Hidayat (usaha pentol), dan M. Ramadhani (usaha pentol

Mewakili empat rekannya yang lain, M. Rafi’e sangat berterima kasih kepada Bank Kalsel melalui UPZ atas rombong baru yang diterimanya. Setelah lima tahun berjualan dengan prasarana tidak memadai, bantuan ini sangat berarti baginya.

“Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bank Kalsel melalui UPZ atas bantuan rombong ini. Saya biasanya berjualan menggunakan sepeda, namun berhenti karena sepeda rusak dan termos kopi keliling juga pecah akibat tertabrak. Dengan bantuan ini, saya akhirnya kembali berjualan,”katanya terharu.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!