Ibnu Sina : Siapkan SDM Berkualitas Untuk Manfaatkan Bonus Demografi

0

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat berbicara di FGD Lemhanas.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menegaskan bonus demografi di Indonesia harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena itu pula sudah sedari sekarang harus mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing bagus.

Hal ini ditekankan Ibnu Sina saat menjadi menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kamis (30/05/2024).

Seperti yang disampaikan Presiden Jokowi Indonesia harus dapat memanfaatkan dua peluang untuk dapat mencapai Indonesia Emas 2045. Dua peluang besar tersebut adalah bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an dan tingginya kepercayaan internasional terhadap Indonesia.

Tentu pesan penting adalah bagaimana mengembangkan kualitas melalui pendidikan dan pelatihan , serta memperluas pasar tenaga kerja, mengelola pertumbuhan populasi, dan meningkatkan tingkat kesehatan penduduk.

Dalam FGD yang  membahas mengenai Optimalisasi Angkatan Kerja Guna Pemanfaatan Bonus Demografi Dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Sosial Budaya, Ibnu Sina juga menyorot kesiapan yang harus dilakukan setidaknya dari 5 sampai 10 tahun ke depan.

“Bonus demografi itu sudah dimulai hari ini, sudah terjadi hari ini sehingga akan sangat terlambat kalau kita kemudian menyiapkan generasi kemudian berdiskusi panjang terkait dengan apa yang akan Kita lakukan untuk menjeput bonus demografi karena hal ini sudah terjadi,” kata Ibnu Sina.

Karena itu dalam forum khusus ini, Ibnu Sina berharap pembahasan kali ini akan menjadi sebuah bentuk kerja aama yang sangat konkrit untuk 10 tahun yang akan  datang

“Sehingga apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi bentuk yang sangat konkrit di 5 tahun sampai 10 tahun yang akan datang,” harapnya.

Kegiatan Focus Group Discussion itu dibuka oleh Plt Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI Eko Margiyono, M.A., didampingi Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Winarto, S.H, M.H.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!