Musim Haji 2024 Lansia Semakin Aman dan Nyaman

0

Dijenguk langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Dr HM Tambrin, membuat Jamaah Haji Lansia semakin bersemangat.

Pemerintah melalui Kementerian Agama kembali mencanangkan “Haji Ramah Lansia”.Kebijakan ini pun dinilai memberikan rasa nyaman dan aman bagi jamaah haji khususnya mereka yang tergolong berusia 65 tahun ke atas.

Langkah humanis ini juga dirasakan para jamaah haji lansia kloter pertama Embarkasi Haji Banjarmasin. Puluhan jamaah haji lansia pun mendapat perhatian ekstra Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kementerian Agama Kalimantan Selatan.

Sejak tiba di Asrama Haji Banjarbaru, Sabtu (11/05/2024) sejumlah petugas pun memberikan layanan khusus dan spesial untuk mereka yang tergolong lansia. Mereka merupakan Jamaah Haji Kloter Pertama yang berasal dari Kabupaten Banjar.

Untuk musim haji 2024 ini  tercatat Jamaah haji yang diterbangkan dari Embarkasi Banjarmasin berjumlah 5,759 dengan rincian Jemaah Haji Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 4.071 dan 1.688 Jemaah haji dari Kalimantan Tengah. Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel menyebutkan sedikitnya ada 217 orang merupakan masuk dalam katagori lansia.

“Seperti Program tahun kemarin “Haji Ramah Lansia,” kami memastikan Jamaah Haji dari kalangan lansia mendapatkan prioritas. Prioritas yang diberikan sendiri, mulai dari pendaftaran di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, manasik haji hingga keberangkatan menuju Asrama Haji,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Dr. Muhammad Tambrin dalam keterangan resminya kepada media di  Banjarbaru, Sabtu (11/05/2024).

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Dr. Muhammad Tambrin , bersilaturahmi dengan salah seorang Jamaah Haji Lansia di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, di Banjarbaru, Sabtu (11/05/2024).

Tambrin menambahkan layanan terhadap Jamaah Haji lansia benar-benar dioptimalkan,begitu tiba di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru. Para lansia ini langsung dimasukkan ke dalam kamar penginapan dengan didampingi petugas yang senantiasa siaga di Asrama Haji. Hal ini dlakukan dalam upaya memberikan rasa kenyamanan menjelang keberangkatan menuju tanah suci.

“Rencananya mereka bersama jamaah haji lainnya dalam Kloter Pertama akan diberangkatkan, Minggu subuh (12/05/2024) yang dilepas langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin,” ujar Tambrin.

Berdasarkan Embarkasi Banjarmasin berjumlah 19 Kelompok Terbang dengan rincian 13 Kloter jemaah Kalimantan Selatan dan 5 Kloter dari Provinsi Kalimantan Tengah dan 1 Kloter Gabungan dengan jemaah dari Medan.

Jumlah jemaah dalam satu kloter berjumlah 320 dengan rincian 315 jemaah haji dan 5 untuk petugas kloter yang terdiri dari 1 Ketua Kloter, 1 Pembimbing Ibadah dan 3 Petugas dari Tenaga Kesehatan ( 1 Dokter dan dibantu 2 perawat) dan Petugas Kloter juga dibantu oleh Petugas Haji Derah (PHD). (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!