Dr Aisah Dahlan Semangati Kartini-Kartini Banjarmasin

0

Dr Aisah Dahlan berbagi tips menjaga keharmonisan rumah lewat pendekatan komunikasi. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Wali Kota Banjarmasin Ingatkan Soal Keharmonisan dalam Keluarga

 Peringatan Hari Kartini 2024 terasa istimewa di Banjarmasin. Karena Kota Seribu Sungai kedatangan tamu spesial Dr Aisyah Dahlan. Sekedar informasinDokter Aisyah Dahlan, seorang dokter, pendakwah dan influencer yang kerap kali parenting memberikan pengetahuan terkait parenting dan kehidupan berkeluarga.

Momen spesial ini pun disambut antusias ratusan perempuan di Banjarmasin termasuk Ketua TP PKK Banjarmasin Siti Wasilah dan Wakil Ketua TP PKK Hardiyanti, hingga Kepala SKPD, Para Bunda dan Guru PAUD se- kota Banjarmasin.

Dalam peringatan bertajuk “Sinergi Potensi Perempuan dan Laki-laki Dalam Mendukung Ketahanan Keluarga dan Pengasuh Anak”, Ustadzah sekaligus dokter ini pun mengingatkan pentingnya menjaga keharmonisan rumah tangga, termasuk menjauhkan anak-anak dari penyalahgunaan narkoba.

Seperti fakta yang dia sampaikan dalam berbagai kesempatan, ternyata Dia pun mengungkapkan berdasarkan riset anak yang menggunakan narkoba justru 60 persen cenderung berasal dari anak yang damai. Karena anak tersebut terkesan penakut sehingga dia tidak suka terlibat dengan konflik. ketika si anak diajak oleh temannya melakukan hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba dia tidak enak untuk menolak.

“Disinilah peran kita semua untuk menemani dan mengawasi mereka dengan baik. Kuncinya juga terletak kepada keharmonisan rumah tangga, komunikasi yang baik dan saling menghargai dalam bingkai kasih sayang,” pesannya saat berbicara di  Peringatan Hari Kartini 2024, yang diselenggarakan Pemerintah Kota Banjarmasin, di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Sabtu (20/04/2024).

Aisyah juga menekan pentingnya memahami karakter dalam keluarga. Hal ini dimaksudkan hubungan suami istri, anak, keluarga menjadi harmonis. Karena itu perlu memahami karakter masing-masing dengan berdasarkan perbedaan otak dan perilaku sangat membantu.

Hal senada diungkapkan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, yang mengajak masyarakat khususnya keluarga untuk terus menumbuhkan spirit dan nilai-nilai positif dalam keluarga.Di satu sisi mengawasi anak dengan pendekatan yang baik dan humanis, menjadi salah satu kunci anak menjadi terkontrol dan tidak mudah terjebak pengaruh pergaulan sehingga bebas dari penggunaan narkoba.

“Pesan yang paling penting apa yang beliau sampaikan itu adalah terkait dengan bagaimana menjaga anak-anak kita supaya tidak terlibat narkoba, mudah -mudahan bisa saling memahami dan semakin harmonis kehidupan rumah tangga,” kata Ibnu Sina.

 

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Dr Siti Wasilah menyerahkan bantuan kepada salah seorang Kartini Pejuang Banjarmasin, Jahratul Nisa. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Dia pun berharap melalui kehadiran Dr Aisyah Dahlan membuka kembali wawasan dan pencerahan bagi semua, termasuk suami dan istri.

” Ini momen spesial. karena hari ini karena ada ilmu yang kita dapatkan dari dr. Aisah Dahlan. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan selamat hari kartini untuk kartini-kartini Kalimantan Selatan, Banjarmasin.,” ujarnya.

Sementara itu, Siti Wasilah menyebutkan momentum hari kartini ialah momentum bagi setiap perempuan agar tak pernah berhenti belajar, memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri, karena peran perempuan sebagai orang tua kepada anaknya.

“Di dalam rumah tangga marilah kita terus belajar untuk bisa membangun harmoni, dari sana suami kita baik diri kita sendiri juga agar menjadi keluarga yang kuat karena anak-anak akan tumbuh sehat berkarakter terbaik,” sebutnya

Terkait ini pula Siti Wasilah I berharap, momentum Hari Kartini itu dapat menjadi penyemangat untuk menguatkan keharmonisan keluarga.

“kuncinya adalah semua orang harus belajar, semua orang harus mengevaluasi dirinya,” ucapnya mengakhiri keterangan. (Ridzky Husna).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!